FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN NASABAH DALAM MENABUNG DI PT BANK SYARIAH MANDIRI CABANG SALATIGA

Ekawati, Rina (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN NASABAH DALAM MENABUNG DI PT BANK SYARIAH MANDIRI CABANG SALATIGA. Diploma thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
Rina Ekawati - 20109007_0001.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah Faktor-faktor yang dipertimbangkan nasabah dalam menabung di PT Bank Syariah Mandiri cabang Salatiga yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik dan proses dan variabel manakah yang paling dipertimbangkan nasabah dalam menabung di Bank Syariah Mandiri cabang Salatiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jumlah populasi 500 nasabah yang merupakan jumlah keseluruhan nasabah yang menabung di Bank Syariah Mandiri cabang Salatiga selama tahun 2012 sampai dengan bulan juni. Sedangkan sampelnya adalah 50 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidentialsampling. Di tengah perkembangan perbankan syariah yang semakin meluas mengharuskan setiap perbankan syariah untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin agar dapat mempertahankan eksistensi yang mereka bangun, BSM Cabang salatiga adalah salah satu perbankan syariah yang harus mampu membuat suatu pencitraan yang bagus untuk masyarakat terhadap image bank syariah sekarang. Karena memang tidak bisa para bankir untuk menutup telinga ditengah komplain nasabah bahwasanya bank syariah tidak benar-benar murni syariah. Lebih tepatnya hanya sebagai simbol semata. Hal ini tentunya menjadi tugas yang sangat besar khususnya Bank Syariah Mandiri Cabang Salatiga dalam menjalankan sistemnya sesuai syariah agama, agar image bank syariah dapat dipercaya disemua kalangan. Salah satu cara untuk dapat meningkatkan kinerja adalah dengaan menganalisa faktor-faktor apa saja yang dipertimbangkan nasabah dalam menabung di perbankan syariah. Sehingga keinginan dan kebutuhan para nasabah bisa dipenuhi oleh Bank Syariah Mandiri Cabang Salatiga dan kepuasan akan didapat oleh nasabah. Dalam penelitian ini faktor yang digunakan adalah Marketing Mix. Berdasarkan basil analisis, Marketing Mix menjadi faktor yang dipertimbangkan nasabah dalam menabung di Bank Syariah Mandiri Cabang Salatiga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Jan 2022 13:07
Last Modified: 03 Jan 2022 13:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12669

Actions (login required)

View Item View Item