Peran Komunitas Spedagi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal (Studi di Pasar Papringan Ngadiprono, Desa Ngadimulyo Kecamatan Kedu Temanggung)

Ningsih, Setya (2022) Peran Komunitas Spedagi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal (Studi di Pasar Papringan Ngadiprono, Desa Ngadimulyo Kecamatan Kedu Temanggung). [UNSPECIFIED]

[img] Text
skripsi setya ningsih.pdf

Download (1MB)

Abstract

Potensi alam yang begitu melimpah dapat memberisebuah perubahan yang baik bagi lingkungan maupun masyarakat sekitarnya. Potensi alam disetiap wilayah berbeda-beda karena bergantung pada suatu kondisi geografis, dan iklim yang ada di daerah tersebut. Disetiap daerah memiliki potensi alam dengan ciri khas masing-masing seperti dalam penelitian kali ini dimana potensi alam yang dimiliki Desa Ngadimulyo khususnya Dusun Ngadiprono yaitu pohon bambu yang melimpah disekitar lingkungan rumah serta hasil pertanian yang beragam dari para warga sekitar. Kegiatan pengembangan masyarakat yang dilakukan oleh Komunitas Spedagi dengan memanfaatkan potensi lokal yaitu sebuah lahan bambu yang diubah menjadi pasar unik dimana dalam kegiatan pasar menyajikan berbagai olahan makanan tradisional dan kerajinan-kerajinan dari hasil pertanian warga. Kedepannya dengan adanya Pasar Papringan Ngadiprono diharapkan mampu memberikan manfaat dalam meningkatkan nilai ekonomi, sosial serta kepedulian lingkungan bagi masyarakat setempat. Kegiatan pengembangan masyarakat yang dilakukan di Dusun Ngadiprono ini selaras dengan teori dakwah, beberapa metode dakwah yang dilakukan yaitu dakwah bil-lisan yakni dilakukan dengan menyampaikan informasi melalui ceramah atau melakukan komunikasi secara langsung dengan masyarakat, dan juga ada dakwah bil-hal yaitu sebuah metode pengembangan masyarakat dimana dalam metode dakwah ini mengedepankan perbuatan atau aksi nyata untuk memecahkan suatu permasalahan yang dialami manusia. Kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam memanfaatkan potensi lokal dengan sebuah Pasar Papringan Ngadiprono juga mengandung nilai-nilai dakwah seperti halnya nilai kebersihan lingkungan. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Jenis data dalam penelitian ini merupakan data primer yakni bersumber dari hasil wawancara dengan ketua Pengelola Pasar Paprimgan, anggota dari komunitas Spedagi, stakeholder, dan warga yang lainnya. Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa pengembangan masyarakat berbasis potensi lokal dengan memanfaatkan kebun bambu menjadi sebuah Pasar Papringan yang dapat membantu masyarakat dalam memecahkan beberapa permasalahan warga khususnya warga Ngadiprono dengan menambah nilai perekonomian warga sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan warga.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Jan 2022 17:15
Last Modified: 03 Jan 2022 10:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12673

Actions (login required)

View Item View Item