ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF PADA SISWA KELAS IX DI MTS UNGGULAN NURUL QUR'AN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Susanti, Atika (2022) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF PADA SISWA KELAS IX DI MTS UNGGULAN NURUL QUR'AN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Atika Susanti 23070170029 Tadris MTK.pdf

Download (6MB)

Abstract

Susanti, Atika. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif pada Siswa Kelas IX Di MTs Unggulan Nurul Qur’an Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Tadris Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Dosen Pembimbing: Wulan Izzatul Himmah, M.Pd. Kata Kunci: Literasi Matematika; PISA; Gaya Kognitif Reflektif; Gaya Kognitif Impulsif. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui deskripsi kemampuan literasi matematika ditinjau dari gaya kognitif reflektifsiswa kelas IX di MTs Unggulan Nurul Qur’an tahun pelajaran 2021/2022, (2) Untuk mengetahui deskripsi kemampuan literasi matematika ditinjau dari gaya kognitif impulsifsiswa kelas IX di MTs Unggulan Nurul Qur’an tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX AMTs Unggulan Nurul Qur’an Tahun Ajaran 2021/2022. Sebanyak 28 siswi kelas IX A ditentukan gaya kognitifnya dengan menggunakan Matching Familiar Figure Test(MFFT). Diperoleh 2 siswa masing-masing bergaya kognitif reflektif dan impulsif. Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi (pengamatan), metode tes, dan metode wawancara. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Data yang dianalisis adalah data dari hasil MFFT (Matching Familiar Figure Test), hasil tes kemampuan literasi matematika, dan hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan literasi matematika yang dicapai siswa bergaya kognitif reflektif kelas IX A di MTs Unggulan Nurul Qur’an yaitu kemampuan literasi matematika level 4. Siswa reflektif dengan kemampuan literasi level 4 dapat bekerja secara efektif dengan model situasi yang konkret tetapi kompleks, dapat menggunakan ketrampilannya dengan baik dan dapat mengkomunikasikan pendapatnya disertai argumentasi, (2) Kemampuan literasi matematika yang dicapai siswa bergaya kognitif impulsif kelas IX A di MTs Unggulan Nurul Qur’an yaitu kemampuan literasi matematika level 1. Siswa impulsif dengan kemampuan literasi level 1 dapat menjawab pertanyaan yang melibatkan konteks yang sudah dikenal dimana semua informasi yang relevan, melakukan prosedur rutin sesuai dengan instruksi langsungdan dapat melakukan tindakan yang hampir selalu jelas dan diikuti segera dari rangsangan yang diberikan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jan 2022 16:10
Last Modified: 11 Feb 2022 07:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12704

Actions (login required)

View Item View Item