APLIKASI PENJAMINAN PEMBIAYAAN MURABAHAH UNTUK MENGANTISIPASI PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI CABANG SALATIGA

Syafi'i, Muhammad (2011) APLIKASI PENJAMINAN PEMBIAYAAN MURABAHAH UNTUK MENGANTISIPASI PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI CABANG SALATIGA. Diploma thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
Muhammad Syafi'i - 20108045_0001.pdf

Download (5MB)

Abstract

Aplikasi Penjaminan Pembiayaan Murabahah untuk Mengantisipasi Pembiayaan Bennasalah Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Salatiga, Pada Program Studi Perbankan Syariah STAIN Salatiga. Bank Syariah merupakan lembaga keuangan yang usaha pokoknya menghimpun dana, memberikan pembiayaan, dan jasa-jasa lainnya melalui lalu lintas pembayaran serta peredaran uang yang pengoperasionalannya disesuaikan dengan prinsip syariat Islam. Salah satu produk pembiayaan di Bank Syariah adalah pembiayaan murabahah, yaitu adalah pembiayaan yang menggunakan akad jual beli antara bank dan nasabah. Bank membeli barang yang dibutuhkan dan menjualnya kepada nasabah sebesar harga produk ditambah dengan keuntungan margin yang telah disepakati. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan metode analisis datanya menggunakan analisis deskriptif, karena pada penelitian ini penulis mendeskripsikan model-model penjaminan pembiayaan murabahah bagi nasabah perorangan di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Salatiga. Serta menganalisis kemampuan bank dalam penggunaan jaminan sebagai antisipasi pembiayaan bermasalah di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Salatiga. Hasil penelitian adalah, PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Salatiga telah melakukan standard analisis terhadap jaminan yang akan diberikan. Upaya strategis PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Salatiga dalam mengantisipasi pembiayaan bennasalah, adalah: 1) Melaksanakann pengawasan angsuran; 2) Asuransi jaminan; 3) Melakukan komunikasi secara intensisif; 4) Melakukan pengawasan terhadap nasabah; 5) Kebijakan La Sisywah; dan 6) Lebih memperhatikan hal-hal yang berkaitan denganjaminan. Kata kunci : Bank Syariah, Pembiayaan Murabahah, Jaminan Pembiayaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jan 2022 13:05
Last Modified: 05 Jan 2022 13:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12716

Actions (login required)

View Item View Item