PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TRIGONOMETRI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Machfud, Fahmi Syihabuddin (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TRIGONOMETRI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
FAHMI SYIHABUDDIN MACHFUD_T.Matematika_23070170109.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis pemecahan masalah pada materi trigonometri kelas X SMK Dharma Lestari Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan yang dimodifikasi dari Borg and Gall. Penelitian ini menerapkan 7 tahap dalam pelaksanaan penelitian pengembangan, yaitu tahap potensi dan masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi produk, tahap revisi produk, tahap uji coba produk, dan yang terakhir tahap revisiproduk. Hasil dari penelitian pengembangan yang berupa LKPD berbasis pemecahan masalah pada materi trigonometri kelas X, berdasarkan validasi oleh ahli materi adalah mendapatkan presentase penilaian rata-rata 80% dengan kategori “Valid”. Sedangkan hasil validasi dari ahli media diperoleh presentase penilaian rata-rata sebesar 84% dengan kategori “Sangat Valid”. Kemudian pada tahap ujicoba terhadap respon pendidik atau guru matematika kelas X diperoleh hasil presentase penilaian sebesar 89,41% dengan kategori “Sangat Praktis”. Sedangkan uji coba terhadap 10 peserta didik memperoleh presentase rata-rata penilaian sebesar 88,8% dengan kategori “Sangat Menarik”.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jan 2022 20:35
Last Modified: 10 Jan 2022 10:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12719

Actions (login required)

View Item View Item