Implementasi Metode Ummi Dalam pembelajaran membaca Al Qur’an pada Siswa SMP IT Izzatul Islam Getasan Kabupaten Semarang Tahun 2015/2016

Wulan, Linawati Retno (2016) Implementasi Metode Ummi Dalam pembelajaran membaca Al Qur’an pada Siswa SMP IT Izzatul Islam Getasan Kabupaten Semarang Tahun 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
SKRIPSI JADI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Metode ummi adalah metode yang dilaksanakan dengan model klasikal individual guru dan siswa membaca Al-Qur’an bersama-sama halaman yang ditentukan oleh guru. Setelah dianggap tuntas oleh guru, dilanjutkan dengan individual yaitu siswa membaca Al-Qur’an satu per satu dan yang lain menyimak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana implementasi metode ummi dalam pembelajaran membaca Al Qur’an, dan (2) Apa saja Faktor-faktor yang menjadi pendukung dalam implementasi metode ummi dalam pembelajaran membaca Al Qur’an (3) Apa saja Faktor yang menjadi penghambat dalam pembelajaran membaca Al Qur’an (4) Apa solusi dari faktor penghambat implementasi metode ummi dalam pembelajaran membaca Al Qur’an pada siswa SMP IT Izzatul Isalam Getasan Kabupaten Semarang Tahun 2016. Hasil peneliti adalah (a) Proses pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Quran di SMP IT Izzatul Islam Getasan Kabupaten Semarang sudah berjalan dengan baik dan lancar, hal ini dibuktikan dengan rencana pembelajaran yang tertuang dalam bentuk jadwal. Metode ummi dilaksanakan dengan (model klasikal dengan alat peraga) metode pembelajaran baca Al-Qur’an yang dilaksanakan dengan cara membaca bersama-sama halaman yang ditentukan oleh guru, selanjutnya setelah dianggap tuntas oleh guru, pembelajaran dilanjutkan dengan individual yaitu siswa satu per satu membaca dan siswa yang lain menyimak bacaan temannya. Bagi siswa yang bacaan Al-Qur’annya sudah benar bisa melanjutkan ke halaman selanjutnya, bagi yang salah 3 kali dan bisa membenarkan bacaannya bisa melanjutkan ke halaman selanjutnya, dan bila salah lebih dari 4 kali tidak boleh melanjutkan ke halaman selanjutnya. Proses evaluasi dalam metode ummi dilaksanakan secara langsung oleh guru saat siswa membaca secara individu, (b) Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat dalam Metode cara metode ummi dalam Pembelajaran membaca Al-Qur’an pada siswa SMP IT Izzatul Islam Getasan Kabupaten Semarang. Faktor pendukungnya yaitu (guru) karena guru merupakan faktor penting yang besar pengaruhnya, bahkan sangat menentukan berhasil-tidaknya peserta didik dalam belajar, (sertifikasi guru) pengecekkan kualitas bacaan Al Qur’an guru dan mengoreksi kualitas yang kurang benar, (rasio guru dan siswa seimbang) yaitu 1: 15, dan (Buku guru, buku siswa, Alat Peraga, dan Metodologi Pembelajaran) fasilitas dan sumber belajar yang memadai mendukung suksesnya pembelajaran. Faktor penghambat yaitu kemampuan siswa yang berfareasi dalam membaca Al-Qur’an, dan kekurangan guru ummi (rasio dengan siswa tidak seimbang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Mar 2017 07:36
Last Modified: 17 Mar 2017 07:36
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1272

Actions (login required)

View Item View Item