Revitalisasi Kompetensi Mahasiswa Sebagai Calon Guru (Studi Kesiapan Mahasiswa PIAUD IAIN Salatiga untuk Melaksanakan Praktek Lapangan)

Sriyanti, Lilik (2022) Revitalisasi Kompetensi Mahasiswa Sebagai Calon Guru (Studi Kesiapan Mahasiswa PIAUD IAIN Salatiga untuk Melaksanakan Praktek Lapangan). UNSPECIFIED.

[img] Text
Revitalisasi.pdf

Download (518kB)

Abstract

Kompetensi guru menjadi ujung tombak penentu kualitas pen- didikan di Indonesia. Oleh karena itu kompetensi guru sudah harus dipersiapkan oleh perguruan tinggi sebagai pencetak calon guru. Saat ini banyak keluhan masyarakat tentang rendahnya kualitas lulusan calon guru, juga muncul masukan dari sekolah-sekolah tempat praktek mengajar tentang pentingnya meningkatkan kom- petensi mahasiswa untuk melakukan praktek mengajar. Kondisi itu menuntut perguruan tinggi untuk memacu kompetensi maha siswa- nya agar siap bersaing dalam dunia kerja. Guna memberikan panduan dalam pengembangan kompetensi guru PAUD, pemerintah sudah mengeluarkan Peraturan Peme rin- tah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang didalamnya tertuang kompetensi yang harus dimiliki oleh se orang guru yaitu: kompetensi pedagogik, kompetensi profe sional, kom- petensi kepribadian dan kompetensi sosial. Peraturan ini disem- purnakan dalam PP No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (SNPAUD) memuat Kom petensi Pen- didik PAUD (Guru PAUD, Guru Pendamping, dan Guru Pendam - ping Muda). Penelitian ini memaparkan kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di PAUD serta mengupas tanggapan mahasiswa dan stake holder tentang penyelenggaraan perkuliahan pada jurusan PIAUD IAIN Salatiga. Berbagai kendala muncul dalam upaya lembaga mengembangkan kompetensi maha- siswa sebagai calon guru PAUD. Kendala tersebut antara lain masih ditemukannya kegiatan perkuliahan yang didominasi pengembangan aspek kogntif, rendahnya sarana perkuliahan untuk mikro teaching beserta sistem pelaksanaan yang kurang variatif, juga rendahnya kemauan mahasiswa mengembangkan diri. Program yang dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru adalah pengembangan kurikulum yang melibatkan banyak pihak ter masuk pakar dan stokeholder, peningkatan kualitas menyusun rencana pem- belajaraan semester serta aplikasinya dalam kegiatan per kuliahan, peningkatan kualitas pembelajaran mikroteaching dan intensitas latihan dari diri mahasiswa, evaluasi dan monitoring yang dilaksa- nakan secara kontinu dari pengelola. Perlu upaya-upaya strategis agar lulusan PIAUD benar-benar siap pakai dan mampu bersaing dalam dunia kerja yang makin kompetitif. Penelitian ini menawarkan berbagai solusi agar meng- hasilkan lulusan yang lebih berkualitas.

Item Type: Book
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Jan 2022 23:01
Last Modified: 07 Jan 2022 23:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12726

Actions (login required)

View Item View Item