PENGEMBANGAN KARAKTER TOLERAN DALAM PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KEARIFAN LOKAL (Studi Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Kota Salatiga)

Rasimin, Rasimin (2019) PENGEMBANGAN KARAKTER TOLERAN DALAM PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KEARIFAN LOKAL (Studi Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Kota Salatiga). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Salatiga.

[img] Text
32-RASIMIN__16 x.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendekatan penelitian ini adaln ah Research and Development (R&D) yang dilakukan melalui tahap studi pendahuluan, tahap setudi pengembangan dan tahap uji keterterapan model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model pengembangan karakter toleran efektif dapat meningkatkan kesadaran bertoleransi siswa. Para guru pada umumnya memiliki kompetensi untuk bisa menyampaikan pembelajaran IPS menggunakan model pengembangan karakter toleran ini. Hal ini dibuktikan oleh kenaikan prestasi hasil belajar siswa dan suasana kelas yang kondusif menyenangkan bagi siswa selama pembelajaran berlangsung. Suasana kelas yang kondusif mencerminkan bahwa perangkat pembelajaran dapat diterapkan oleh guru dengan baik dan pembelajaran menggunakan model yang dikembangkan ini menjadi lebih menarik. Keunggulan model ini adalah pada tujuan pembelajaran, di mana aspek afektif menjadi target utama, aspek kognitif dan aspek psikomotor menjadi faktor pendukung.

Item Type: Book
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jan 2022 10:02
Last Modified: 10 Jan 2022 10:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12732

Actions (login required)

View Item View Item