EVALUASI PROGRAM LEMBAGA PAUD DI DESA SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG MENGGUNAKAN MODEL CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT (CIPP) TAHUN 2020/2021

UTAMI, KHARISMA TITAH (2022) EVALUASI PROGRAM LEMBAGA PAUD DI DESA SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG MENGGUNAKAN MODEL CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT (CIPP) TAHUN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
23050160015_PIAUD_KHARISMA TITAH UTAMI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Utami, Kharisma Titah. 2021. Evaluasi Program Lembaga PAUD di Desa Susukan Kabupaten Semarang Menggunakan Model Context, Input Process, Product (CIPP) Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Peni Susapti S.Si.,M.Si. Kata Kunci: Evaluasi Program; Model CIPP; PAUD Penelitian ini bertitik tolak dari kerangka berpikir bahwa menjamurnya sekolah PAUD di Kecamatan Susukan yang memiliki 52 lembaga PAUD membuat dalam hal ini lembaga berlomba -lomba untuk meningkatkan kualitas dan mutu sekolah serta promosi untuk menarik minat masyarakat. Dalam hal ini masih banyak lembaga PAUD yang didirikan tanpa pemenuhan syarat secara lengkap. Sehingga perlunya evaluasi untuk meningkatkan mutu, kualitas dan daya minat masyarakat menjadi sangat penting bagi lembaga PAUD di Desa Susukan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai evaluasi pengelolaan lembaga PAUD di Desa Susukan mengunakan model evaluasi CIPP (context, input, process, product). Penelitian ini berfokus kepada komponen konteks yaitu kurikulum; komponen input yaitu visi misi, struktur organisasi, standar pendidik, sarana pendidikan dan pembiayaan; komponen proses yaitu layanan, kalender pendidikan, perencanaan pembelajaran, program holistik integratif, penilaian; dan komponen produk meliputi pengawasan dan tindak lanjut yang berisi laporan. Penelitian ini mengunakan metode evaluasi dengan pendekatan kuantitatif dan teknis analisis yang digunakan adalah deskriptif persentase. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah seluruh orang yang terlibat langsung dalam pelaksanaan program PAUD di Desa Susukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan hasil persentase komponen context 90,54%; komponen input 80,36%, komponen process 81,81%, komponen product dengan persentase 97,86%; dengan rata-rata adalah 87% yang dalam hal ini hasil yang di peroleh dalam Pelaksanaan Lembaga PAUD Di Desa Susukan sudah menunjukkan kriteria yang sangat baik dan layak di teruskan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? PIAUD ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jan 2022 17:59
Last Modified: 10 Jan 2022 11:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12733

Actions (login required)

View Item View Item