STRATEGI PEMASARAN BPR SYARIAH ARTHA AMANAH UMMAT UNGARAN DALAM MENCARI NASABAH PENDANAAN

Pujiati, Dewi (2012) STRATEGI PEMASARAN BPR SYARIAH ARTHA AMANAH UMMAT UNGARAN DALAM MENCARI NASABAH PENDANAAN. Diploma thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
Dwei Pujiati - 20109020_0001.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana strategi pemasaran yang digunakan BPR Syariah Artha Amanah Ummat Ungaran dalam mencari nasabah sehingga dapat meningkatkan jumlah nasabah pendanaan dan apa saja faktor penduk:ung strategi pemasaran BPR Syariah Artha Amanah Ummat. Dengan menggunakan metode kualitatif melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, maka dihasilkan temuan penelitian yang menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan BPR Syariah Artha Amanah Ummat Ungaran dalam mencari nasabah yang mencakup tentang pendekatan dengan nasabah, perencanaan produk dan promosi. Faktor-faktor pendukung strategi pemasaran mencakup tentang pelayanan prima terhadap nasabah, lokasi yang mudah dijangkau, peningkatan SDM, mempunyai daya saing terhadap lembaga lain. Mengacu pada temuan tersebut, maka penelitian ini merekomendasikan tentang: 1) Strategi pemasaran lebih ditingkatkan lagi supaya menjadi bank kepecayaan khususnya masyarakat yang berada di Kabupaten Semarang; 2) Melakukan sosialisasi produk-produk BPR Syariah Artha Amanah Ummat kepada masyarakat khususnya produk pendanaan hal ini dikarenakan tingkat pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang menabung masih rendah dan juga masih banyak yang belum mengerti dan salah faham tentang bank syariah dan mengagapnya sama saja dengan bank konvensional. Jadi bank harus melakukan pendekatan melalui pondok-pondok pesantren, takmir-takmir masjid dan musholla, lembaga- lembaga pendidikan, jamaah pengajian; 3) Melengkapi peralatan operasional dengan teknologi yang canggih dan modem seperti ATM, sehingga nasabah bisa menarik dana dimana saja, jadi dengan hal ini bisa memberikan pelayanan kepada nasabah secara cepat dan lebih memuaskan, baik kepada nasabah pembiayaan atau penabung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jan 2022 07:50
Last Modified: 11 Jan 2022 07:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12739

Actions (login required)

View Item View Item