ANALISIS PENERAPAN AKAD MURABAHAH PADA PEMBIAYAAN BAl'BITSAMANAJIL (BBA) DI BMT FAJAR MULIA KANTOR OPERASIONAL AMBARAWA TAHUN 2010

KHOMSATUN, KHOMSATUN (2010) ANALISIS PENERAPAN AKAD MURABAHAH PADA PEMBIAYAAN BAl'BITSAMANAJIL (BBA) DI BMT FAJAR MULIA KANTOR OPERASIONAL AMBARAWA TAHUN 2010. Diploma thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
Khomsatun - 201 07 041_0001.pdf

Download (3MB)

Abstract

Murabahah merupakan salah satu konsep Islam dalam melakukan perjanjian jual beli. Konsep ini telah banyak digunakan oleh bank-bank dan lembaga keuangan Islam untuk pembiayaan modal kerja, dan pembiayaan perdagangan para nasabahnya. begitujuga BBA (Bai' Bistaman Ajil). Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana akad murabahah pada pembiayaan BBA diterapkan di BMT Fajar Mulia Ambarawa. Adapun hal- hal yang dibahas dalam Tugas Akhir ini adalah tentang prosedur dan penerapan akad murabahah pada pembiayaan BBA di BMT Fajar Mulia Ambarawa dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan pembiayaan BBA serta kesesuaian prinsip yang digunakan dalam pembiayaan tersebut menurutsyariah. . Dari ketiga rumusan masalah tersebut, ada beberapa metode penelitian yang di gunakan, yaitu dengan wawancara, observasi dan metode studi pustaka. Wawancara disini, dilakukan kepada pihak BMT Fajar Mulia Ambarawa khususnya bagian pembiayaan . Sedangkan observasi, dilakukan mengamati secara langsung kinerja dari BMT Fajar Mulia Ambarawa dalam beberapa waktu yang diberikan oleh BMT untuk mengamati. Selain kedua metode tersebut penelitian ini menggunakan metode pustaka yaitu dengan membaca buku-buku yang bersangkutan dengan judul. Dari beberapa rumusan masalah, dengan menganalisis menggunakan metode-metode di atas, dapat dik:etahui bahwa penerapan akad murabahah pada pembiayaan BBA sudah sesuai dengan prinsip yang ada. Hal ini terbukti bahwa pembiayaan BBA dilakukan dengan prinsip jual beli selain itu juga tidak ditemukan hal-hal yang menyimpang dalam ajaran Islam. Misalnya hal-hal yang mengandung unsur riba.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jan 2022 09:55
Last Modified: 11 Jan 2022 09:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12757

Actions (login required)

View Item View Item