PENINGKATAN KOMUNIKASI ILMIAH DAN HASIL BELAJAR MATERI OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS VII MTS NURIL HUDA TARUB TAWANGHARJO GROBOGAN

FIANA, LILIN LIA ALIF (2022) PENINGKATAN KOMUNIKASI ILMIAH DAN HASIL BELAJAR MATERI OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS VII MTS NURIL HUDA TARUB TAWANGHARJO GROBOGAN. [UNSPECIFIED]

[img] Text
LILIN LIA ALIF FIANA-23060170100.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan komunikasi ilmiah dan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) melalui media pembelajaran audio visual pada hasil belajar IPA pada peserta didik kelas VIIF MTs Nuril Huda Tarub. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan untuk memperbaiki proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Langkah-langkah PTK, yaitu sebagai berikut: perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection) yang dilakukan dalam dua siklus. Adapun subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIF yang berjumlah 25 peserta didik dengan komposisi 14 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembeajaran kooperatif tipe think talk write dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIIF MTs Nuril Huda Tarub Tawangharjo, pada materi objek IPA dan pengamatannya. Peningkatan komunikasi ilmiah ini dapat diketahui melalui proses belajar mengajar yaitu mengidentifikasi kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat, diskusi, bertanya, menjelaskan, presentasi, dengan ini dapat diketahui pada siklus I peserta didik yang tuntas sebanyak 14 peserta didik atau 56% dengan nilai rata-rata 63,42, dan siklus II peserta didik yang tuntas sebanyak 20 peserta didik atau 80% dengan nilai rata-rata 73,14. Sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik dapat diketahui melalui hasil evaluasi pembelajaran diakhir proses kegiatan belajar mengajar. Pada siklus I peserta didik yang tuntas sebanyak 13 peserta didik atau 52% dengan nilai rata-rata 65,28, dan siklus II peserta didik yang tuntas 24 peserta didik atau 96% dengan nilai rata-rata 80,68. Adapun penggunaan media pembelajaran audio visual juga dapat membantu meningkatkan kemampuan komunikasi ilmiah dan hasil belajar IPA, materi objek IPA dan pengamatannya pada peserta didik kelas VIIF MTs Nuril Huda Tarub Tawangharjo, hal tersebut dapat dilihat pada hasil angket yang telah disebarkan kepada peserta didik. Sebanyak 86% peserta didik menyatakan setuju dengan penggunaan media pembelajaran audio visual pada saat proses kegiatan belajar mengajar.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Jan 2022 04:08
Last Modified: 13 Jan 2022 21:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12779

Actions (login required)

View Item View Item