PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT KH. M. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADABUL’ALIM WAL MUTA’ALLIM

NAILA, MILATUN (2022) PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT KH. M. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADABUL’ALIM WAL MUTA’ALLIM. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
new skripsi fiks milla.pdf

Download (1MB)

Abstract

Naila, Milatun. 2021. Pendidikan Akhlak Menurut KH. M. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adabul’Alim Wal Muta’allim. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Jurusan Agama Islam (PAI). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Dosen Pembimbing : Dra. Maslikhah, S. Ag., M. Si Kata Kunci : Pendidikan Akhlak dan Kitab Adabul’Alim Wal Muta’allim karangan KH. M. Hasyim Asy’ari Era Modernitas pada dasarnya membawa beberapa dampak baik dan dampak yang kurang baik. salah satu tanda modernasi adalah semakin berkembangnya teknologi dan berubahnya gaya hidup. dalam perubahan budaya tersebut, menimbulkan problematika baru ditenggah-tenggah dunia pendidikan yakni salah satu contohnya terdegradasinya moralitas peserta didik. Gambaran persoalan seperti yang telah dijabarkan penulis tersebut, penulis mengambil penelitian lebih lanjut mengenai pendidikan akhlak yang berjudul pendidikan akhlak menurut KH. M. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adabul’Alim Wal Muta’allim. Jenis penelitian ini adalah Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) yang bersifat deskriptif analisis, yaitu berusaha untuk mengumpulkan dan menyusun data, kemudian diusahakan adanya analisa dan interpretasi atau pengisian terhadap data tersebut. Pembahasan ini merupakan pembahasan naskah, di mana datanya diperoleh melalui sumber literatur, yaitu melalui riset kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan akhlak KH. M. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adabul’Alim Wal Muta’allim sangat relevan dengan kebutuhan atas problematikavkependidikan, karena dalam pendidikan akhlak K.H. Hasyim Asy’ari merupakan representasi dari ajaran Agama Islam yang luhur akan nilai-nilai ke universalanya diantaranya etika-etika dalam pembelajran sampai bagaimana seorang pendidik juga harus faham koridor etis ketika menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Jan 2022 15:29
Last Modified: 17 Jan 2022 15:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12798

Actions (login required)

View Item View Item