PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM PENGENALAN BUDAYA LITERASI UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI BA AISYIYAH DALANGAN TULUNG KLATEN

PUTRI, DIAN MELLYANA (2022) PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM PENGENALAN BUDAYA LITERASI UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI BA AISYIYAH DALANGAN TULUNG KLATEN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peranan orang tua dan guru dalam mengenalkan budaya literasi untuk mengembangkan kecerdasan bahasa pada anak usia 5-6 tahun di BA Aisyiyah Dalangan Tulung Klaten. 2) Untuk mengetahui faktor penghambat serta pendukung dalam pengenalan budaya literasi untuk mengembangkan kecerdasan bahasa anak usia 5-6 tahun di BA Aisyiyah Dalangan Tulung Klaten. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data melalui teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Peran orang tua dan guru dalam pengenalan budaya literasi untuk mengembangkan kecerdasan bahasa anak 5-6 tahun di BA Aisyiyah Dalangan: a) Orang tua: menemani anak belajar tugas sekolah, membacakan dan mengartikan dongeng yang dibacakan, mengenalkan huruf kepada anak, mengenalkan nama benda di sekitar dengan bahasa yang benar, dan menyediakan media pembelajaran yang beragam. b) Guru: Guru sebagai organisator, demonstrator dan motivator, mediator dan fasilitator, dan sebagai evaluator. 2) Faktor penghambat dan pendukung dalam pengenalan budaya literasi untuk mengembangkan kecerdasan bahasa anak adalah a) Penghambat: Mood anak sering berubah, rasa malas anak, acara televisi kesukaan anak, hilang fokus saat belajar, lingkungan bermain anak, dan kesibukan orang tua. b) Pendukung: Membiarkan anak bermain kesukaannya sambil belajar, menyediakan media pembelajaran yang beragam untuk anak, dan literacy time yang menyenangkan .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:03
Last Modified: 18 Jan 2022 04:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12800

Actions (login required)

View Item View Item