IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DI MI NURIL HUDA LOSARI KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

HANIK, BAETI UMI (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DI MI NURIL HUDA LOSARI KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Beti Umi Hanik (PGMI) 23040160215 (skripsi).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hanik, Baeti Umi. 2021. Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran di MI Nuril Huda Losari Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Fakultas tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negri (IAIN). Pembimbing Wulan Izzatul Himmah, M. Pd. Kata Kunci: Manajemen Mutu Pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Mutu Pembelajaran di MI Nuril Huda Losari pada tahun 2020, bagaimana implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran dari guru dan kepala sekolah, kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dalam memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan indikator kredibilitas, keteralihan atau transferability, kebergantungan, dan kepastian indikator. Tahap-tahap penelitian dalam penelitian ini meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Implementasi manajemen mutu pembelajran di MI Nuril Huda Losari bermutu, hal ini karena upaya guru dan kepala sekolah dalam melakukan rencana, pelaksanaan, penilaiaan, dan pengawasan secara terstruktur. (2) Mutu Perencanaan Pembelajaran di mulai dengan merancang RPP dan Silabus. (3) Mutu Pelaksanaan Pembelajaran dilaksanakan oleh wali kelas yang dilakukan setiap hari pada saat proses pembelajaran. (4) Mutu Penilaian/Evaluasi Pembelajaran dilakukan dengan melakukan penilaian pada aspek sikap, pengetahuan, dan ketrampilan. (5) Mutu Pengawasan Pembelajaran, Kepala Sekolah melakukan pengawasan terhadap kinerja guru mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Jan 2022 17:04
Last Modified: 21 Jan 2022 12:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12812

Actions (login required)

View Item View Item