INTERNALISASI NILAI TAWADHU DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SIKAP MODERAT DALAM BERAGAMA DI SMPN 3 CEPIRING KAB. KENDAL

Irdiaazidar, (2022) INTERNALISASI NILAI TAWADHU DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SIKAP MODERAT DALAM BERAGAMA DI SMPN 3 CEPIRING KAB. KENDAL. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Internalisasi Nilai Tawadhu' Dalam Pembelajaran PAI Dan Implikasinya Terhadap Sikap Moderat Dalam Beragama di SMPN 3 Cepiring Kab. Kendal. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Pembimbing Prof. Dr. phil. Widiyanto, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui muatan nilai tawadhu’ dalam pembelajaran PAI di SMPN 3 Cepiring Kab. Kendal. (2) Untuk mengetahui proses internalisasi nilai Tawadhu’ dalam pelajaran PAI di SMPN 3 Cepiring Kab. Kendal. (3). Untuk mengetahui implikasi internalisasi nilai tawadhu dalam pembelajaran PAI terhadap sikap moderasi dalam beragama di SMPN 3 Cepiring Kab. Kendal Metode yang digunakan untuk menyusun penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan), teknik pengumpulan data ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan metode tersebut peneliti melakukan wawancara langsung terhadap kepala sekolah, guru dibagian kurikulum, guru mapel dan menggali data melalui dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) muatan nilai tawadhu dalam pembelajaran PAI di SMPN 3 Cepiring adalah hormat dan patuh kepada guru dan orang tua, rendah hati, saling menghargai dan rajin belajar (2) Proses yang dilakukan guru dalam menginternalisasi nilai tawadhu dalam pembelajaran pendidikan agama islam adalah dengan beberapa tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. (3) Implikasi dari internalisasi nilai tawadhu dalam pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu timbulnya sikap moderat hal ini tercermin dalam sikap sopan santun, sikap keterbukaan. Kata Kunci : Internalisasi Nilai Tawadhu, Pendidikan Agama Islam, Sikap Moderat Beragama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2022 17:23
Last Modified: 21 Jan 2022 17:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12816

Actions (login required)

View Item View Item