ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) KELAS VIII MTs MA’ARIF AL-HUDA WONOROTO KAB. MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Mustikasari, Anggita Putri (2022) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) KELAS VIII MTs MA’ARIF AL-HUDA WONOROTO KAB. MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI ANGGITA PUTRI MUSTIKASARI 23060170094.pdf

Download (7MB)

Abstract

Mustikasari, Anggita, Putri. 2021. Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Manusia dengan Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) Kelas VIII MTs Ma’arif Al-Huda Wonoroto Kab. Magelang Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Fenny Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci: Miskonsepsi; Certainty of Response Index (CRI); Sistem Pencernaan Manusia Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase dan faktor-faktor yang memengaruhi miskonsepsi siswa pada materi sistem pencernaan manusia dengan menggunakan Certainty of Response Index (CRI) kelas VIII MTs Ma’arif Al-Huda Wonoroto Kab. Magelang Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan metode deskriptif analisis, dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian dari sumber primer dan sumber sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan tes diagnostik yang dilengkapi dengan Certainty of Response Index (CRI), angket, dan dokumentasi. Analisis data ini meliputi tahap reduksi data, tahap penyajian data (data display), dan tahap penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat miskonsepsi siswa kelas VIII B pada materi sistem pencernaan manusia. Rata-rata persentase yang Paham Konsep (PK) sebesar 47,05%, Paham Konsep Kurang Yakin (PKKY) sebesar 1,91%, miskonsepsi (M) sebesar 39,41%, dan Tidak Tahu Konsep (TTK) sebesar 11,47%. Miskonsepsi yang terjadi di kelas VIII B disebabkan oleh kesulitan siswa dalam mempelajari materi sistem pencernaan manusia dengan persentase sebesar 53%, dan sumber buku teks yang digunakan karena memiliki bahasa yang sulit untuk dipahami dengan persentase 64%. Salah satu upaya dalam mengatasi miskonsepsi yang terjadi pada siswa, guru bisa menggunakan model dan metode pembelajaran yang sesuai dan cocok untuk menumbuhkan pemahaman konsep kepada siswa. Salah satunya menerapkan pembelajaran dengan pendekatan konflik kognitif.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Jan 2022 05:46
Last Modified: 28 Jan 2022 08:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12861

Actions (login required)

View Item View Item