HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI MI MA’ARIF 1 TLOGOPUCANG KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

kumala, Lala Dian indah (2022) HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI MI MA’ARIF 1 TLOGOPUCANG KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI_LALA DIAN INDAH KUMALA_23040170119.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kumala, Lala dian indah. 2021. Hubungan Kedisipinan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa MI Ma’arif 1 Tlogopucang Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2021. Skripsi. Salatiga: Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Studi Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Fatchurrahman, S.Ag., M.Pd. Penelitian ini membahas tentang hubungan kedisiplinan belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas V di MI Ma’arif 1 Tlogopucang Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2020/2021. Dari permasalahan kedisiplinan dalam belajar siswa di sekolah tersebut mempengaruhi dalam prestasi yang diraih oleh siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kedisiplinan belajar siswa, bagaimana tingkat prestasi belajar siswa, apakah ada hubungan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas V MI Ma’arif 1 Tlogopucang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi ganda. Analisis korelasi adalah suatu analisis statistik yang mengukur tingkat asosiasi atau hubungan antara dua variabel yaitu variabel bebas (independent variable) dengan variabel terikat (dependent variable). Korelasi ganda merupakan angka yang menunjukkan arah dan kuatnya hubungan antara dua variabel secara bersama-sama atau lebih dengan variabel yang lain. Hasil perhitungan koefisien korelasi antara kedisiplinan belajar (X) dan prestasi belajar (Y) didapat angka koefisien korelasi sebesar 0,442. Sehingga dapat dibandingkan dengan r tabel tersebut adalah 0,442<0,444. Berdasarkan pembuktian tersebut diperoleh hasil tidak signifikan. Dalam perhitungan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara kedisiplinan belajar siswa dengan prestasi belajar siswa. Dengan demikian hipotesis yang diajukan penulis ditolak kebenarannya.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Feb 2022 17:03
Last Modified: 02 Feb 2022 12:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12884

Actions (login required)

View Item View Item