ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN MEMBACA PERMILAAN PADA KELAS RENDAH KELAS I DI SDN NAHAMAG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020/2021

, NASWA LATIFAH ALFUTSANI (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN MEMBACA PERMILAAN PADA KELAS RENDAH KELAS I DI SDN NAHAMAG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

Full text not available from this repository.

Abstract

Alfutsani, Naswa Latifah. 2021. Analisis Faktor Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan pada Kelas Rendah di SDN Nyamat Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021 Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Aprilian Ria Adisty M.Pd. Kata Kunci: Faktor Penghambat;membaca permulaan;kelas rendah Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat pembelajaran membaca permulaan pada siswa di SDN Nyamat Kabupaten Semarang pada Tahun pelajaran 2020/2021, 2) mendeskripsikan upaya dalam mengatasi hambatan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN Nyamat Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru, orang tua dan 5 murid yang mengalami hambatan membaca pada kelas 1 SDN Nyamat. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data diambil dengan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penulis berperan sebagai pewawancara langsung untuk menggali data informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penghambat pembelajaran membaca permulaan kelas 1 SDN Nyamat terdapat dua macam yaitu faktor internal berupa minat siswa, motivasi, intelektual dan emosi serta faktor kedua berupa faktor eksternal yaitu faktor keluarga, pengelolaan kelas yang kurang efektif dan faktor lingkungan. Adapun upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan membaca permulaan di SDN Nyamat adalah dengan guru dan sekolah memeberikan fasilitas berupa jam tambahan untuk pelatihan membaca, meningkatkan motivasi dan minat siswa, menggunakan metode pembelajaran berupa metode eja, menggunakan media pembelajaran berupa gambar, mengatur pembelajaran menjadi menyenangkan, mendekati anak dan membantu berbagai kesulitan yang dialami anak, memberikan apresiasi bagi anak.dari pihak orangtua yang dilakukan yaitu mengajak anak untuk terus belajar, memasukkan anak ke dalam bimbingan belajar.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2022 03:02
Last Modified: 03 Feb 2022 10:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12895

Actions (login required)

View Item View Item