PENERAPAN METODE RESITASI PADA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KETERCAPAIAN KOMPETENSI DASAR SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH TLOGODALEM KERTEK WONOSOBO TAHUN 2021

Nariyah, (2022) PENERAPAN METODE RESITASI PADA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KETERCAPAIAN KOMPETENSI DASAR SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH TLOGODALEM KERTEK WONOSOBO TAHUN 2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
PGMI_NARIYAH_23040170172.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nariyah. (2021). Penerapan Metode Resitasi Pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Matematika Ditinjau dari Ketercapaian Kompetensi Dasar Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Tlogodalem Kertek Wonosobo Tahun 2021. Skripsi. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Aprilian Ria Adisti, M.Pd. Kata Kunci: Metode Resitasi; Pembelajaran Daring; Matematika Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode resitasi pada pembelajaran daring mata pelajaran matematika ditinjau dari ketercapaian kompetensi dasar siswa kelas IV MI Muhammadiyah Tlogodalem. Pertanyaan yang ingin dijawab dari penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan metode resitasi pada pembelajaran daring mata pelajaran matematika ditinjau dari ketercapaian kompetensi dasar serta apa kendala penerapan metode resitasi pada pembelajaran daring mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan penelitian ini adalah kepala madrasah, guru matematika, dan wali kelas IV. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pembelajaran daring yang diterapkan guru yakni penugasan via aplikasi WhatsApp. Guru memberikan tugas kepada peserta didik melalui Group WhatsApp untuk dikerjakan, kemudian setelah selesai hasilnya dinilai oleh guru. Nilai ketuntasan belajar minimal (KBM) mata pelajaran matematika yakni 65, dari 20 siswa kelas IV ada 14 siswa yang tuntas dan 6 siswa yang tidak tuntas, sehingga penerapan metode resitasi pada pembelajaran daring mata pelajaran matematika sudah cukup efektif. Kendala yang dialami adalah siswa sulit dikontrol, ada beberapa peserta didik yang sering mengumpulkan tugas tidak tepat waktu, tidak mudah memberikan tugas yang sesuai dengan perbedaan individu, peserta didik terkendala signal internet, penugasan via daring dianggap menjadi beban bagi sebagian peserta didik dan orangtua.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Feb 2022 14:38
Last Modified: 07 Feb 2022 07:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12905

Actions (login required)

View Item View Item