DISKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MA NEGERI 1 SRAGEN

PAMUNGKAS, REI SITA SARI PUTRI (2022) DISKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MA NEGERI 1 SRAGEN. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Naskah Skripsi_Rei Sita Sari Putri P.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pamungkas, Putri Rei Sita Sari. 2021. Diskripsi Penerapan Model Pembelajaran Jarak Jauh Pada Pembelajaran Matematika di MA Negeri 1 Sragen. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Winarno, S. Si., M. Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Jarak Jauh Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara penerapan model pembelajaran jarak jauh Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Prosedur pengumpulan data yaitu deskripsi, reduksi, dan seleksi dengan alat observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan kesimpulan. Subjek dalam penelitiannya yaitu 4 siswa dan 2 guru yang mengampu matematika, diwawancarai mengenai bagaimana cara penerapan model pembelajaran jarak jauh Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Pembelajaran Jarak Jauh di MA Negeri 1 Sragen menggunakan E-Learning ini ditinjau dari: (1) tahap pendahuluan, dimana peserta didik login di web E-Learning dengan melakukan absensi kelas yang secara otomatis sudah ada waktu dan tanggal anak login. Apabila login diluar jam pembelajaran dinyatakan tidak mengikuti pembelajaran saat itu (2) kemudian guru menyuruh peserta didik untuk melakukan do’a bersama yang dilakukan di masing-masing tempat peserta didik berada, (3) Kemudian tahap inti, setelah berdo’a guru mengeshare materi di E-Learning, kemudian guru menjelaskan sedikit gambaran mengenai materi untuk dapat dipahami oleh peserta didik, (4) tahap evaluasi, pembelajaran dilaksanakan berupa penugasan berupa uraian di akhir pembelajaran yang telah di share di E-Learning dan guru juga tidak membatasi peserta didik untuk mencari refrensi di internet, apabila bila peserta didik kurang paham bisa ditanyakan di group WhattShap atau komentar di web E-Learning. Kemudian untuk mengetahui bahwa Pembelajaran Jarak Jauh menggunakan E-Learning dikatakan efisien, praktis, menjadikan tingkat pemahaman materi dan hasil maksimal, guru mengadakan ulangan harian seperti halnya saat pembelajaran tatap muka yang langsung dikumpulkan, dan peserta didik mendapatkan hasil nilai yang maksimal dan memuaskan yaitu dengan nilai KKM di atas 75. Faktor pendukung Pembelajaran Jarak Jauh yaitu pihak dari sekolah menyediakan kuota gratis agar pembelajaran daring ini tetap berjalan dengan lancar.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Feb 2022 19:58
Last Modified: 07 Feb 2022 19:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12907

Actions (login required)

View Item View Item