IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V MIN 1 SEMARANG DI MASA PANDEMI TAHUN PELAJARAN 2021

ZULFAH, ATIQATUL (2022) IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V MIN 1 SEMARANG DI MASA PANDEMI TAHUN PELAJARAN 2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
ATIQATUL ZULFAH 23040170155.pdf

Download (1MB)

Abstract

Zulfah, Atiqatul. 2021 . Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning Dalam Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V MIN 1 Semarang Tahun Pelajaran 2021. Skripsi . Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Peni Susapti, M.Si. Kata Kunci: Menulis, Pendekatan Contextual Teaching Learning, Karangan Deskripsi. Problem dalam menulis karangan deskripsisiswa ialah siswa di masa pandemi ini tidak mendapatkan pembelajaran secara langsung secara nyata sehingga menimbulkan sebuah dilema bagi guru. Kurangnya kosakata membuat siswa minim dalam menuangkan ide pikirannya dalam sebuah tulisan. Salah satu pendekatan yang dapat memberikan kesempatan tersebut kepida siswa adalah pendekatan kontekstual. Tujuan penelitian ini ada tiga hal, yaitu: 1) Untuk mengetahui implementasi pendekatan contextual teaching and learning dalam menulis karangan deskripsi siswa kelas V MIN 1 Semarang di masa pandemi. 2) Untuk mengetahui faktor penghambat implementasi pendekatan contextual teaching and learning dalam menulis karangan deskripsi siswa kelas V MIN 1 Semarang di masa pandemi. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung implementasi pendekatan contextual teaching and learning dalam menulis karangan deskripsi siswa kelas V MIN 1 Semarang di masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Analisis data hasil penelitian diperoleh dari proses mencari dan menyusun secara sistematis, data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan lapangan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pendekatan contextual teaching and learning dalam menulis karangan deskripsi siswa kelas V MIN 1 Semarang sudah cukup baik sesuai dengan prinsip-prinsip pendekatan contextual teaching and learning yaitu konstruktivisme, penemuan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian otentik dan sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. 2) Faktor pendukung implementasi pendekatan contextual teaching and learning dalam menulis karangan deskripsi yaitu (1) Keluarga yang memiliki kesadaran pendidikan; (2) Guru/pendidik; (3) Siswa dan guru memahami aplikasi belajar; (4) Tersedianya paket data; (5) Siswa yang kurang jelas pada saat bisa menanyakan secara tatap muka dengan guru diluar jam pembelajaran dengan menggunakan protokol kesehatan. Faktor Penghambatnya penghambat implementasi pendekatan contextual teaching and learning dalam menulis karangan deskripsi adalah; (1) Kurang maksimalnya respon siswa dalam pembelajaran; (2) Tidak semua siswa memiliki HP; (3) Gangguan jaringan; (4) Keluarga yang belum memiliki kesadaran pendidikan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2022 12:47
Last Modified: 10 Feb 2022 05:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12921

Actions (login required)

View Item View Item