Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Adab Al-'Alim Wa Al-Muta'allim Karya Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari

WIBOWO, MUCHAMAD MUCHLAS (2022) Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Adab Al-'Alim Wa Al-Muta'allim Karya Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari. [UNSPECIFIED]

[img] Text
MUCHAMAD MUCHLAS WIBOWO 23010170273 ( SKRIPSI).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Wibowo, Muchamad Muchlas. 2021. Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Adab al-‘alim wa al-Muta’allim Karya Hadratussyaikh KH. Hasyim Asyari. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Muh. Hafidz, M. Ag. Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim, Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui “bagaimana pendidikan akhlak dalam kitab Adab Al-‘Alim wa Al-Muta’allim karya Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari, Bagaimana relevansi pendidikan akhlak dalam kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim dengan tujuan pendidikan Islam? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Adab al-‘Alim wa al- Muta’allim. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka atau biasanya sering disebut dengan istilah Library Research, yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan bahan. Penelitian yang dilakukan ini dengan metode mengumpulkan data-data yang didapat dari sumber kepustakaan yang berupa buku, jurnal ilmiah serta dokumen-dokumen lainya sehingga dapat diperoleh informasi yang benar tentang pendikan akhlak dalam kitab Adab Al-‘Alim wa Al- Muta’allim karya Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim yaitu berupa pendidikan akhlak yang meliputi: Pertama, pendidikan akhlak bagi pelajar, yaitu; 1). Membersihkan hati, 2). Menata niat). Memanagemen waktu, 4). Bersederhana, 5). Menghindari bermalas- malasan, 6). Menjaga pergaulan. 7). Menghormati guru. Kedua, pendidikan akhlak bagi pengajar, adapun pendidikan akhlak bagi pengajar yaitu; 1). Mendekatkan diri kepada Allah SWT, 2). Takut kepada Allah SWT, 3). Bersikap tenang, wira’i, tawadlu’, dan tawakal kepada Allah SWT, 4). Tidak menggunakan ilmu utuk keduniawian, 5). Berperilaku Zuhud, 6). Menghindari tempat-tempat maksiat, 7). Istiqomah dalam berdakwah, 8). Bersikap ramah dan bijaksana, 9). Bersuci dari hadast dan najis, 10). Menghindari perbuatan tercela, 11). Menumbuhkan semangat kepada peserta didik, 12). Membuat karya tulis dan ringkasan. Hasil penelitian terdapat pada relevansi pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim karya Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari dengan tujuan pendidikan Islam. Hasil penelitian dianggap masih relevan hal itu dibuktikan dengan tujuan pendidikan Islam yaitu mengarahkan kepada pembentukan kepribadian manusia, pada tujuan penyelenggaraan yang ideal dalam perspektif yang Islami dan upaya mewujudkan akhlak manusia menjadi sempurna, dengan mengimplematasikan akhlak di kehidupan nyata.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2022 18:01
Last Modified: 10 Feb 2022 11:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12922

Actions (login required)

View Item View Item