PENGARUH KEPUASAN PENGGUNAAN E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 14 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2020/2021

FIKRIYAH, MAR'ATUL (2022) PENGARUH KEPUASAN PENGGUNAAN E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 14 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
MAR'ATUL FIKRIYAH_23070170069.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran e-learning dengan menggunakan TAM merupakan model pembelajaran yang sering digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar di masa pandemi seperti saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari kepuasan penggunaan e-learning dengan menggunakan TAM (Technology Acceptance Model) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri 14 Boyolali. Studi ini dimaksudkan dengan menjawab permasalahan: (1) Apakah ada pengaruh dalam kepuasan penggunaan pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri 14 Boyolali Tahun ajaran 2020/2021 dengan menggunakan metode TAM (Technology Acceptance Model)? (2) Berapa besar pengaruh kepuasan penggunaan pembelajaran e-learning dengan menggunakan metode TAM (Technology Acceptance Model) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri 14 Boyolali Tahun ajaran 2020/2021? Untuk menjawab permasalahan diatas, maka peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis kausal, dimana perubahan satu variabel akan menyebabkan perubahan pada variabel lainnya. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang disebar secara online. Sampel yang digunakan berjumlah 49 data sampel dan uji analisis yang digunakan yaitu regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Kepuasan penggunaan e-learning dengan menggunakan TAM (Technology Acceptance Model) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 14 Boyolali tahun ajaran 2020/2021 yang ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis yang mendapatkan nilai thitung > ttabel = 10.921 > -1.6779 dengan signifikansi = 0,000 < 5% (0,05). (2) Pembelajaran e-learning dengan menggunakan TAM (Technology Acceptance Model) memiliki pengaruh yang kuat sebesar 71,7% terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 14 Boyolali tahun ajaran 2020/2021 dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Kesimpulan tersebut didapatkan dari hasil uji determinasi dengan nilai R2 = 0,717 atau 71,7%.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2022 23:59
Last Modified: 10 Feb 2022 17:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12924

Actions (login required)

View Item View Item