PRAKTEK JUAL BELI TEMBAKAU MELALUI TENGKULAK DI DESA MOJOSARI KECAMATAN BANSARI KABUPATEN TEMANGGUNG JAWA TENGAH (Ditinjau dari UndangUndang Nomor 5 Tahun 1999 dan Hukum Islam)

Mahfud, Muhammad Gofurul (2022) PRAKTEK JUAL BELI TEMBAKAU MELALUI TENGKULAK DI DESA MOJOSARI KECAMATAN BANSARI KABUPATEN TEMANGGUNG JAWA TENGAH (Ditinjau dari UndangUndang Nomor 5 Tahun 1999 dan Hukum Islam). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Fiks.pdf

Download (1MB)

Abstract

Desa Mojosari adalah salah satu Desa di Kabupaten Temanggung yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani, tanaman tembakau adalah salah satu tanaman perkebunan yang tiap tahun ditanam. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ketidakjelasan mengenai penentuan harga, berat timbangan dan adanya unsur paksaan dalam penjualan tembakau. Fokus penelitian dalam skripsi ini apakah praktek jual beli tembakau di Desa Mojosari Kecamatan Bansari kabupaten temanggung sudah sesuai dengan aturan Hukum Islam dan Undang-Undang Monopoli atau belum. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat yuridis empiris yang dilakukan di Desa Mojosari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung. Untuk mendapatkan data yang valid, penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer hasil dari observasi dan wawancara yang dilakukan oleh petani dan tengkulak. Sementara data sekunder yang diperoleh dari Al-Qur‟an, buku, jurnal, dan Undang-Undang, dan dokumen resmi yang berkaitan dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa praktek jual beli tembakau yang dilakukan di Desa Mojosari ditinjau dari Hukum Islam belum sesuai dengan ketentuan, karena salah satu syarat dari proses jual beli tersebut belum bisa terpenuhi.Berdasarkan tinjauan dari Undang-Undang Monopoli yaitu UU No.5 Tahun 1999 tentang Larangan Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak sehat, praktek jual beli tembakau tersebut memenuhi unsur-unsur dalam pasal 15 yang mana pasal tersebut berisi larangan, jadi jual beli tersebut dianggap kegiatan Monopoli.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2022 05:04
Last Modified: 16 Feb 2022 02:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12980

Actions (login required)

View Item View Item