PENGARUH BIAYA OPERASIONAL PENDAPATAN OPERASIONAL DANA PIHAK KETIGA DAN TINGKAT SUKU BUNGA BI TERHADAP PENDAPATAN MARGIN MURABAHAH DENGAN NON PERFORMING FINANCING SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Periode 2016 - 2020)

ATIKASARI, RIZKI MAULANI (2022) PENGARUH BIAYA OPERASIONAL PENDAPATAN OPERASIONAL DANA PIHAK KETIGA DAN TINGKAT SUKU BUNGA BI TERHADAP PENDAPATAN MARGIN MURABAHAH DENGAN NON PERFORMING FINANCING SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Periode 2016 - 2020). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI PRINT SIDANG RIZKI MAULANI ATIKASARI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh biaya operasional pendapatan operasional dana pihak ketiga dan tingkat suku bunga BI terhadap pendapatan margin murabahah dengan non performing financing sebagai variabel moderating. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Metode analisis menggunakan pendekatan Moderated Regression Analysis (MRA).Sampel yang diambil dari 12 laporan keuangan Bank Umum Syariah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu Eviews 9. Analisis ini uji regresi berganda, uji statistik melalui uji Ttest, Ftest serta koefisien determinan (R2 ) dan uji asumsi klasik. Hasil uji Ttest menunjukkan bahwa variabel BOPO berpengaruh negatif signifikan, DPK berpengaruh positif dan signifikan, suku bunga BI berpengaruh positif tidak signifikan pendapatan margin murabahah. Uji Ftestmenunjukkan biaya operasional pendapatan dana pihak ketiga dan tingkat suku bunga BI secara simultan berpengaruh signifikan pendapatan margin murabahah. Uji koefisien determinan (R2 ) variabel BOPO, DPK, dan suku bunga BI berpengaruh terhadap vasriabel pendaptan margin murabahah sebesar 33,62% sianya 66,38% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model ini. Berdasarkan hasil uji Moderated Regression Analysis (MRA) hasil menunjukan bahwa variabel NPF mampu memoderasi pengaruh BOPO terhadap pendapatan margin murabahah, dan variabel NPF tidak mampu memoderasi DPK dan suku bunga BI terhadap pendaptan margin murabahah.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2022 23:06
Last Modified: 16 Feb 2022 16:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13000

Actions (login required)

View Item View Item