PENGARUH CURRENT RATIO, RETURN ON ASSET DAN NET PROFIT MARGIN TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN NISBAH BAGI HASIL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Tahun 2016-2020)

Wika, Ferdinin Djati (2022) PENGARUH CURRENT RATIO, RETURN ON ASSET DAN NET PROFIT MARGIN TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN NISBAH BAGI HASIL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Tahun 2016-2020). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI_FERDININ DJATI WIKA_63010170213_PS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wika, Ferdinin Djati. 2021. Pengaruh Current Ratio, Return On Asset, Dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham Dengan Nisbah Bagi Hasil sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Tahun 2016-2020). Skripsi.Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1 Perbankan Syariah IAIN Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Nafis Irkhami, M.Ag., M.A. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Current Ratio, Return On Asset, Dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham Dengan Nisbah Bagi Hasil sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Tahun 2016-2020). Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi yang berupa data sekundernyang diambil dari laporan keuangan perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia dan masuk dalam Jakarta Islamic Index. Sampel yang diambil 15 perusahaan dengan menggunakan teknik purpossive sampling atau teknik pengambilan data dengan kriteria tertentu. Pengolahan data menggunakan E-views versi 9.Pengujian penelitian ini menggunakan analisis yang meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, statistik deskriptif, uji stasioneritas, uji chow, uji hausman, uji statistik, uji R2 (koefisien determinasi), uji Ftest, uji Ttest, Analisis Jalur (Path Analysis) Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa uji Test Current Ratio berpengaruh terhadap harga saham. Return On Asset menunjukkan hasil berpengaruh terhadap harga saham. Net Profit Margin menunjukkan hasil tidak berpengaruh terhadap harga saham. Hasil uji Ftest menunjukkan bahwa secara bersama-sama Current Ratio, Return On Asset, dan Net Profit Margin, berpengaruh terhadap Harga Saham. Hasil dari analisis jalur menunjukkan bahwa Nisbah Bagi Hasil tidak dapat memoderasi pengaruh Current Ratio terhadap Harga Saham. Nisbah Bagi Hasil juga tidak dapat memoderasi pengaruh Return On Asset terhadap Harga Saham. Dan Nisbah Bagi Hasil juga tidak dapat memoderasi pengaruh Net Profit Margin terhadap Harga Saham.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2022 21:05
Last Modified: 17 Feb 2022 21:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13022

Actions (login required)

View Item View Item