PENGARUH ISLAMIC SOCIAL REPORTING, INTELLECTUAL CAPITAL DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MELALUI PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Bank Umum Syariah Periode 2015-2020)

Khoirunnisa, Nur Aisyah (2022) PENGARUH ISLAMIC SOCIAL REPORTING, INTELLECTUAL CAPITAL DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MELALUI PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Bank Umum Syariah Periode 2015-2020). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi_Nur Aisyah Khoirunnisa_63010170227_PS.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Islamic Social Reporting, Intellectual Capital dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. Bentuk penelitian ini adalah kuantitatif, di mana pengumpulan datanya dilakukan dengan cara melihat dokumen statistik pada BUS yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sedangkan sampel penelitiannya dilakukan dengan metode purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan peneliti, sejumlah 60 sampel dari 10 Bank Umum Syariah pada periode 2015-2020. Jenis datanya menggunakan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan analisis jalur (path analysis) menggunakan software Eviews9. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara persial profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. ISR berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas, IC berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Pada analisis jalur likuiditas terhadap nilai perusahaan mampu di mediasi profitabilitas. Sedangkan variabel ISR tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, IC tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Variabel likuiditas tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Sedangkan pada hasil analisis jalur menunjukkan variabel profitabilitas tidak mampu memediasi ISR dan IC.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2022 15:52
Last Modified: 18 Feb 2022 15:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13027

Actions (login required)

View Item View Item