PENGARUH SAP, KOMPETENSI SDM, SPI, AUDIT INTERNAL DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DENGAN TINGKAT RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI EMPIRIS SKPD KOTA SALATIGA)

NURHAYATI, SITI (2022) PENGARUH SAP, KOMPETENSI SDM, SPI, AUDIT INTERNAL DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DENGAN TINGKAT RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI EMPIRIS SKPD KOTA SALATIGA). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SITI_NURHAYATI_63030170060_AKS.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nurhayati, Siti. 2021. Pengaruh Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah, Kompetensi SDM, Penerapan Sistem Pengendalian Internal, Peran Audit Internal Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Dengan Tingkat Religiusitas Sebagai Variable Moderasi (Studi Empiris Skpd Kota Salatiga). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1-Akuntansi Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing: Fany Indriyani, M. Si. Penelitian ini dilaksanakan guna mengetahui pengaruh penerapan standar akuntansi pemerintah, kompetensi sumber daya manusia, penerapan sistem pengendalian internal, peran audit internal, dan komitmen organisasi terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Serta guna mengetahui peran religiusitas dalam memperkuat hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Penelitian ini dilaksanakan pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Salatiga. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner sebanyak 95 eksemplar, yang dibagikan kepada seluruh responden yang merupakan Kepala Sub-bagian, Bendahara, dan Staf Akuntansi bagian keuangan pada 32 SKPD Kota Salatiga. Data yang didapatkan kemudian dianalisis menggunakan SPSS versi 25.0. Pada penelitian ini, seluruh variabel telah lolos pada pengujian asumsi klasik. Dalam uji statistik menunjukkan variabel standar akuntansi pemerintah, sistem pengendalian internal, audit internal berpengaruh positif signifikan. Sedangkan variabel kompetensi sumber daya manusia dan komitmen organisasi tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan daerah. Kemudian secara kumulatif seluruh variabel berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Kemampuan prediksi dari kelima variabel independen terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah adalah sebesar 13,1% yang digambarkan dari besarnya R2 sisanya dijelaskan oleh variabel diluar model penelitian. Dan religiusitas sebagai pemoderasi berhasil memperkuat hubungan variabel independen dengan variabel dependen. Kata kunci : SAP, Kompetensi SDM, SPI, Audit Internal, Komitmen Organisasi, Religiusitas, dan Kualitas Laporan Keuangan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: ?? AKS ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2022 15:24
Last Modified: 24 Feb 2022 09:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13040

Actions (login required)

View Item View Item