PENGARUH ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE (ICG), INTELLECTUAL CAPITAL (IC), FINANCING TERHADAP FINANCIAL PERFORMANCE (ROA) DENGAN COMPETITIVE ADVANTAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( STUDI KASUS PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2010-2020)

Lestari, Ani Indah (2022) PENGARUH ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE (ICG), INTELLECTUAL CAPITAL (IC), FINANCING TERHADAP FINANCIAL PERFORMANCE (ROA) DENGAN COMPETITIVE ADVANTAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( STUDI KASUS PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2010-2020). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Ani Indah Lestari_63010170176_PS.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan Islamic Corporate Governance (ICG), Intellectual Capital (IC), Financing Terhadap Financial Performance Dengan Competitive Advantage Sebagai Variabel Intervening Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Periode 2010-2020). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan analisis jalur sebagai analisis data. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berbentuk data panel. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 10 Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Pada Periode 2010-2020. Data sekunder yang ada pada penelitian ini meliputi data Islamic Corporate Governance, Intellectual Capital, Financing, Financial Performance dan Competitive Advantage yang dipublikasikan oleh masing-masing Bank Umum Syariah. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis menggunakan alat bantu software Eviews. Penelitian ini menunjukkan bahwa Islamic Corporate Governance berpengaruh negatif signifkan terhadap financial performance (ROA), Intellectual capital berpengaruh positif signifikan terhadap financial performance (ROA), Financing berpengaruh positif tidak signifikan terhadap financial performance (ROA), Islamic Corporate Governance dan Intellectual Capital berpengaruh positif signifikan terhadap Competitive Advantage, Financing berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Competitive Advantage, Competitive Advantage berpengaruh positif signifikan terhadap Financial Performance (ROA), Competitive Advantage tidak mampu memediasi pengaruh Islamic Corporate Governance dan Financing terhadap Financial Performance (ROA), Competitive Advantage mampu memediasi pengaruh Intellectual Capital terhadap Financial Performance (ROA).

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2022 17:27
Last Modified: 23 Feb 2022 10:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13061

Actions (login required)

View Item View Item