PENGARUH LIABILITAS, EKUITAS, DAN DANA SYIRKAH TEMPORER TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN RISIKO PEMBIAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA (PERIODE 2016-2020)

Fadlilah, Lailatul (2022) PENGARUH LIABILITAS, EKUITAS, DAN DANA SYIRKAH TEMPORER TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN RISIKO PEMBIAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA (PERIODE 2016-2020). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Lailatul Fadlilah 630010170222.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Liabilitas, Ekuitas dan dana Syirkah Temporer Terhadap Profitabilitas dengan Risiko Pembiayaan sebagai Variabel Intervening Pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan data sekunder berbentuk panel. Populasi dalam penelitian ini adalah 14 Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2016-2020. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan alat analisis Eviews 10 version. Teknik analisis yang digunakan adalah path analysis. Hasil penelitian ini menemukan bahwa 1) Liabilitas tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. 2) Ekuitas berpengaruh positif terhadap profitabilitas. 3) Dana syirkah temporer tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. 4) Liabilitas tidak berpengaruh terhadap risiko pembiayaan 5) Ekuitas berpengaruh positif terhadap risiko pembiayaan. 6) Dana syirkah temporer berpengaruh negatif dan signifikan terhadap risiko pembiayaan 7) ) Risiko pembiayaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas. 8) Risiko pembiayaan tidak mampu memediasi pengaruh liabilitas terhadap profitabilitas. 9) Risiko pembiayaan tidak mampu memediasi pengaruh ekuitas terhadap profitabilitas. 10) Risiko pembiayaan tidak mampu memediasi pengaruh dana syirkah temporer terhadap profitabilitas.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2022 19:10
Last Modified: 23 Feb 2022 12:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13069

Actions (login required)

View Item View Item