PENGARUH LITERASI WAKAF, RELIGIUSITAS, OPINION LEADER TERHADAP MINAT BERWAKAF TUNAI DENGAN TRANSPARANSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI

ULUM, MUKHAMMAD IRTIFA'UL (2022) PENGARUH LITERASI WAKAF, RELIGIUSITAS, OPINION LEADER TERHADAP MINAT BERWAKAF TUNAI DENGAN TRANSPARANSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI. [UNSPECIFIED]

[img] Text
1. FULL SKRIPSI MUKHAMMAD IRTIFA’UL ULUM_63020170098.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh literasi wakaf, religiusitas dan opinion leader terhadap minat seseorang untuk berwakaf tunai dengan transparansi sebagai variabel moderasi. Obyek penelitian ini yaitu masyarakat jawa tengah beragama islam dengan usia minimal 21 tahun dan memiliki penghasilan di atas 5 juta. pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sejumlah 100 orang. Pengujian data dilakukan dengan moderated regression analysis menggunakan alat bantu SPSS 25. Hasil analisis dari penelitian menunjukkan bahwa literasi wakaf tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwakaf tunai, religiusitas berpengaruh positif terhadap minat berwakaf tunai, opinion leader berpengaruh positif terhadap minat berwakaf tunai. Transparansi sebagai variabel moderasi mampu memperkuat hubungan antara variabel literasi wakaf, religiusitas dan opinion leader terhadap keputusan minat wakaf tunai.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2022 21:32
Last Modified: 23 Feb 2022 15:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13071

Actions (login required)

View Item View Item