ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN PERTUMBUHAN LABA DENGAN CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di ISSI Periode 2018-2020)

Aprianingrum, Ulfi (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN PERTUMBUHAN LABA DENGAN CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di ISSI Periode 2018-2020). [UNSPECIFIED]

[img] Text
ULFI APRIANINGRUM (63040170098) MANAJEMEN BISNIS SYARIAH S1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Current Ratio, Debt to Asset Ratio, Total Asset Turnover, Net Profit Margin, dan Return on Assets terhadap Pertumbuhan Laba dengan Corporate Governance sebagai Variabel Moderating. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data diperoleh dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di ISSI periode 2018-2020. Populasi yang diperoleh adalah 186 perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 62 perusahaan dengan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA). Alat pengolahan data menggunakan Eviews 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa current ratio, debt to asset ratio dan corporate governance tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan laba, return on assets berpengaruh signifikan dan negatif terhadap pertumbuhan laba sedangkan total asset turnover dan net profit margin berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan laba. Corporate governance dapat memoderasi hubungan return on assets terhadap pertumbuhan laba, tetapi tidak dapat memoderasi hubungan current ratio, debt to asset ratio, total asset turnover dan net profit margin terhadap pertumbuhan laba.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2022 15:47
Last Modified: 24 Mar 2022 10:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13086

Actions (login required)

View Item View Item