MUSYAWARAH DALAM AL-QUR’AN (Analisis Komparatif Tafsir Al Misbah Dan Tafsir Al Ibriz Atas QS al-Syūrā/42: 38, QS al-Imran/3: 159 dan QS alBaqarah/2: 233)

Fitriyah, Ani Satun (2022) MUSYAWARAH DALAM AL-QUR’AN (Analisis Komparatif Tafsir Al Misbah Dan Tafsir Al Ibriz Atas QS al-Syūrā/42: 38, QS al-Imran/3: 159 dan QS alBaqarah/2: 233). [UNSPECIFIED]

[img] Text
ANI SATUN FITRIYAH ( 53020160035 ).pdf

Download (1MB)

Abstract

Musyawarah adalah mengambil dan mengeluarkan pendapat yang terbaik dengan memperhadapkan satu pendapat dengan pendapat yang lain.Bermusyawarah adalah anjuran al-Qur‟an dalam segala waktu dan berbagai persoalan yang belum ditemukan masalahnya berdasarkan petunjuk Allah di dalamnya. Hasil penelitian ini menunjukkan anjuran untuk melakukan musyawarah seperti yang di terangkan dalam QS al-Syūrā/42: 38. Bahwa sesungguhnya al-Qur‟an sendiri sudak menganjurkan kita untuk melakukannya. Tafsir al-Misbah dalam ayat ini menjelaskan definisi mengenai musyawarah. Tafsir al-Ibriz menjelaskan orang masalah atau perkaranya selalu dimusyawarahkan dengan teman-temannya. Adapun ayat yang lain juga menjelaskan mengenai musyawarah seperti ayat Ayat QS alImran/3: 159 yaitu menjelaskan bahwasannya Nabi selalu bermusyawarah sebelum memutuskan peperangan dan bermusyawarah dalam urusan dunia. Ayat QS al-Baqarah/2: 233 juga menjelaskan mengenai musyawarah yaitu dalam urusan rumah tangga bahwasannya apabila kedua orang tua ingin menyapih anaknya dengan kerelaan keduanya yakni dengan bermufakat atau bermusyawarah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persamaan dan perbedaan antar tafsir al-Misbah dan tafsir al-Ibriz tentang ayat-ayat musyawarah yaitu dengan analisis perbandingan.Adapun isi dari ayat QS al-Syūrā/42: 38 adalah anjuran untuk melakukan musyawarah. Ayat QS al-Imran/3: 159 adalah diperuntukkan kepada Nabi untuk bermusyawarah dalam urusan perang dan lainnya. Dan ayat dalam QS al-Baqarah/2: 233 ini adalah diperintahkan untuk bermufakat atau bermusyawarah dalam urusan rumah tanggga.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Alqur'an
Divisions: Fakultas Ushuludin, Adab dan Humaniora > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Mar 2022 16:19
Last Modified: 01 Mar 2022 09:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13108

Actions (login required)

View Item View Item