PENGARUH BUDAYA ORGANISASI ISLAMI DAN LINGKUNGAN ISLAMI TERHADAP KEPUASAN KERJA DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI PEMODERASI (Studi Kasus Pada PT. BPRS Sukowati Sragen)

Rafael, Muhamad Yanhari (2022) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI ISLAMI DAN LINGKUNGAN ISLAMI TERHADAP KEPUASAN KERJA DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI PEMODERASI (Studi Kasus Pada PT. BPRS Sukowati Sragen). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI RAFAEL FIX.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rafael, Muhamad Yanhari. 2021. Pengaruh Budaya Organisasi Islami dan Lingkungan Islami Terhadap Kepuasan Kerja dengan Komitmen Organisasional Sebagai Pemoderasi (Studi Kasus Pada PT. BPRS Sukawati Sragaen). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1- Perbankan Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing: Dr. Abdul Aziz N.P. S. Ag., M.M. Penelitian ini dilakukan untuk melihat sejauh mana kepuasan karyawan bekerja di sebuah perusahaan salah satunya pada PT. BPRS Sukowati Sragen. Mengelola sumber daya insani (SDI) dalam suatu organisasi atau perusahaan sangatlah penting. Sebuah perusahaan atau organisasi dituntut untuk bisa meningkatkan kualitas SDI yang ada. Kualitas SDI juga dapat dilihat dari sejauh mana manajemen yang ada pada sebuah perusahaan atau organisasi, seperti bagaimana perusahaan dapat menunjang dan memuaskan keinginan baik dari karyawan maupun organisasi itu sendiri. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada semua karyawan PT. BPRS Sukowati Sragen sejumlah 40 karyawan. Penelitian ini menggunakan metode Nonprobability Sampling dengan menggunakan teknik sampel jenuh . Analisis dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji Ttes, uji Ftest, uji koefisien determinan (R2) dan uji Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil uji Ttesmenunjukkan bahwa variabel Budaya Organisasi Islami berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan kerja karyawan sedangkan variabel lingkungan islami berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan kerja. Uji Ftest menunjukkan bahwa budaya organisasi islami, lingkungan islami dan komitmen organisasional secara simultan berpengaruh positif dan siginifikan terhadap keputusan nasabah. Hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 90,70 % sisanya 9,30% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model ini. Berdasarkan uji MRA menunjukkan bahwa komitmen organisasional mampu memoderasi pengaruh variabel budaya organisasi islami dan lingkungan islami terhadap kepuasan kerja karyawan. Kata Kunci: Budaya Organisasi Islami, Lingkungan Islami, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional dan BPRS Sukowati Sragen.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Mar 2022 16:51
Last Modified: 01 Mar 2022 16:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13111

Actions (login required)

View Item View Item