PENGELOLAAN DANA DESA UNTUK SIMPAN PINJAM PERSPEKTIF MAQASHID AL-SYARI'AH (Studi di Desa Baleagung Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang)

Febriani, Asri (2022) PENGELOLAAN DANA DESA UNTUK SIMPAN PINJAM PERSPEKTIF MAQASHID AL-SYARI'AH (Studi di Desa Baleagung Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi ASRI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dana Desa merupakan sejumlah anggaran dana yang dialokasikan pada Desa dari pemerintah berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang merupakan sumber dari dana perimbangan keuangan pusat dan daerah. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah proses Pengelolaan dana desa untuk simpan pinjam sesuai dengan Maqashid Al-Syariah. Namun yang menjadi permasalahan dalam pengelolaan dana Desa untuk simpan pinjam di desa Baleagung Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang tidak berjalan dengan baik sehingga dapat mengakibatkan ketidak sejahteraan dalam masyarakat atau tidak sesuai dengan maqashid al-Syariah Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Reseacrh) kemudian penelitian ini mengunakan metodelogi kualitatif yaitu dengan melakukan pengamatan untuk memperoleh informasi yang diperlukan dalam penyusunan Dalam skripsi ini menggunakan dua sumber data, yaitu data primer yang diperoleh dari sumber pertama dari perangkat Desa dan masyarakat, kemudian data sekunder yang diperoleh dari AlQuran, Buku, jurnal, dan Undang-undang dan dokumen resmi yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian ini menujukan bahwa pengelolaan dana desa untuk simpan pinjam di Desa Baleagung Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang belum sesuai dengan ketentuan-ketentuan Maqashid Al-Syariah. Pemerintah desa dalam pengelolaannya belum sesuai dengan peraturan yang berlaku seperti syarat, tujuan dan fungsi simpan pinjam dan belum sesuai dengan lima pokok kemaslahatan, yaitu : kemaslahatan agama (hifz al-din), kemaslahatan jiwa (hifz an-nafs), kemaslahatan akal (hifz al-aql), kemaslahatan keturunan (hifz al-nasl), dan kemaslahatan harta (hifz al-mal). Pemerintahan Desa belum terjamin dalam pelaksanaannya, dan belum bisa memajukan perekonomian masyarakat dengan adanya simpan pinjam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2022 17:24
Last Modified: 15 Mar 2022 09:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13125

Actions (login required)

View Item View Item