PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) DENGAN NON PERFORMING FINANCING (NPF) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA (PERIODE 2016-2020)

Mustika, Sofa Ayuk (2022) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) DENGAN NON PERFORMING FINANCING (NPF) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA (PERIODE 2016-2020). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi Sofa Ayuk Mustika Fiks.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Mustika, Sofa Ayuk. 2021. Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) dan Kinerja Keuangan terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) dengan Non Performing Financing (NPF) sebagai Variabel Intervening pada Bank Umum Syariah di Indonesia (Periode 2016- 2020)”. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Nur Khabib, S.E., M.Si., M.Pd. Ak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengungkapkan Islamic Social Reporting (ISR) karena hal tersebut perlu dilaksanakan bank syariah dalam memenuhi harapan stakeholders, khususnya masyarakat muslim. Meskipun bank umum syariah yang ada di Indonesia terjadi eskalasi pada setiap tahunnya ternyata dalam melakukan pengungkapan pertanggung jawaban sosial sesuai dengan Indeks Islamic Social Reporting (IISR) belum sepenuhnya terpenuhi khusunya pada intansi keuangan perbankan syariah . Tujuan penelitian ini ialah berguna mengetahui Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) dan Kinerja Keuangan terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) dengan Non Performing Financing (NPF) sebagai Variabel Intervening pada Bank Umum Syariah di Indonesia (Periode 2016-2020). Metode pengumpulan data penelitian ialah dengan menggunakan data sekunder yang bersumber pada Annual Report masing-masing bank syariah pada tahun 2016 sampai 2020. Hasil penelitian menunjukan jika variabel Dewan Komisaris, Dewan Pengawas Syariah, Komite Audit, Kepemilikan Institusional dan Kinerja Keuangan tidak mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Variabel Komite Audit dan Kepemilikan Institusional yang dimediasi oleh Non Performing Financing (NPF) mampu mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) sedangkan Dewan Komisaris, Dewan Pengawas Syariah dan Kinerja Keuangan yang dimediasi oleh Non Performing Financing (NPF) tidak mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Kata Kunci: Islamic Social Reporting, Good Corporate Governance, Non Performing Financing.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2022 18:05
Last Modified: 02 Mar 2022 18:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13128

Actions (login required)

View Item View Item