Analisis Problematika Pembelajaran Siswa yang Belum Cukup Umur di Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Tanahbaya Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang

hidayana, ilma (2022) Analisis Problematika Pembelajaran Siswa yang Belum Cukup Umur di Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Tanahbaya Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang. [UNSPECIFIED]

[img] Text
ILMA HIDAYANA (23040170136) PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ILMA HIDAYANA (23040170136) PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui variasi usia siswa kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Tanahbaya Kecamatan RandudongkalKab Pemalang, 2) Pertimbangan Madrasah Ibtidaiyah Tanahbaya Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang untuk menerima siswa kelas 1 yang belum cukup umur, 3) Problematika pembelajaran siswa yang belum cukup umur dikelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Tanahbaya Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang dalam hal akademik dan non akademik, 4) Cara mengatasi problematika pembelajaran siswa yang belum cukup umur dikelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Tanahbaya Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Responden penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas 1, Wali Murid, dan Siswa yang Belum Cukup Umur. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini di lakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan Triangulasi data. Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) Variasi usia siswa kelas 1 di MI Al-Falah Tanahbaya dan MI Nurul Hidayah Tanahbaya adalah sekitar usia 5 tahun sampai 7 tahun. 2) Pertimbangan MI Al-Falah Tanahbaya dan MI Nurul Hidayah Tanahbaya dalam menerima siswa yang usianya belum cukup umur adalah karena keinginan orangtua yang tinggi untuk bisa mendaftarkan anaknya ke MI yang dikarenakan biaya pendidikan di kedua MI tersebut relatif murah. 3) Problematika pembelajaran siswa yang belum cukup umur di kelas 1 MI Al-Falah Tanahbaya dan MI Nurul Hidayah Tanahbaya dalam hal akademik adalah rendahnya kemampuan membaca, menulis, maupun berhitung, sedangkan dalam hal non akademik adalah perilaku siswa tersebut yang susah fokus selama pembelajaran. 4) Cara mengatasi problematika pembelajaran siswa yang belum cukup umur di kelas 1 MI Al-Falah Tanahbaya dan MI Nurul Hidayah Tanahbaya adalah memodifikasi proses belajar mengajar, memberikan les tambahan, dan memberikan motivasi.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Mar 2022 17:16
Last Modified: 04 Mar 2022 10:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13145

Actions (login required)

View Item View Item