HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DENGAN TINGKAT PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH MUNGKID KABUPATEN MAGELANG DALAM MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH TAHUN 2021

ANNISA, IHDA RIFQIA (2022) HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DENGAN TINGKAT PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH MUNGKID KABUPATEN MAGELANG DALAM MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH TAHUN 2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui self-regulated learning pada siswa SMA Muhammadiyah Mungkid, tingkat prokrastinasi akademik yang terjadi, dan hubungan antara self-regulated learning dengan tingkat prokrastinasi akademik pada siswa SMA Muhammadiyah Mungkid dalam masa pembelajaran jarak jauh. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan jumlah responden sebanyak 87 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner yang terdapat dua jenis skala, yaitu Skala Self-Regulated Learning dan Skala Prokrastinasi Akademik yang kemudian dianalisis melalui formula korelasi product moment. Hasil uji statistik penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, self-regulated learning pada siswa SMA Muhammadiyah Mungkid cukup baik karena presentase tertinggi berada pada kategori “tinggi” dengan persentase sebesar 32%. Kedua, prokrastinasi akademik pada siswa SMA Muhammadiyah Mungkid berada di tingkatan rendah yang menunjukkan bahwa prokarstinasi akademik teregulasi dengan baik karena presentase tertinggi berada pada kategori “rendah” dengan persentase sebesar 43%. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA Muhammadiyah Mungkid Kabupaten Magelang dalam masa Pembelajaran Jarak Jauh. Hasil tersebut diperoleh dari hasil korelasi koefisien dengan formula product moment yakni sebesar -0,377 dan dengan taraf signifikan 0,00. Hal tersebut menunjukkan bahwa antara variabel X dengan variabel Y memiliki korelasi negatif dan signifikan memilki hubungan. Dengan demikian, hipotesis yang berbunyi “Terdapat hubungan yang signifikan antara self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA Muhammadiyah Mungkid Kabupaten Magelang dalam masa Pembelajaran Jarak Jauh Tahun 2021” dapat diterima.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Mar 2022 22:37
Last Modified: 04 Mar 2022 15:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13150

Actions (login required)

View Item View Item