ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII MTs NURUL ISLAM PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2021/2022

Karami, Novi Sofiani (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII MTs NURUL ISLAM PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NOVI SOFIANI KARAMI 23060170016 (1) (3).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal tipe HOTS materi usaha dan pesawat sederhana, lalu mendeskripsikan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dan solusi meminimalisir kesalahan tersebut. Jenis penelitian ini merupaka penelitian kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan dipilih dengan teknik purposive sampling dipilih 3 dari 27 siswa, 3 siswa tersebut memiliki nilai tertinggi, nilai rata-rata atau KKM, dan nilai terendah ketika menyelesaikan soal tipe HOTS. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes kemampuan awal, tes tertulis tipe HOTS, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari instrumen kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Pekalongan adalah kesalahan konsep, kesalahan strategi, kesalahan terjemah, dan kesalahan operasi hitung. (2) Faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa yaitu rendahnya kemampuan memahami soal karena motivasi, minat belajar, dan intelegensi dalam memahami materi. (3) Solusi untuk meminimalisir kesalahan menciptakan pembelajaran yang menarik agar meanambah minat dan motivasi belajar siswa, serta memberikan motivasi belajar dan melakukan banyak latihan soal dengan variasi soal agar siswa dapat mengembangkan ide dan kreativitasnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2022 21:33
Last Modified: 15 Mar 2022 09:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13151

Actions (login required)

View Item View Item