IMPLEMENTASI KEDISIPLINAN BERIBADAH DAN PENGENDALIAN DIRI PADA SISWA MTS N 1 WONOGIRI TAHUN AJARAN 2021/2022

RIDHO, MUHAMMAD (2022) IMPLEMENTASI KEDISIPLINAN BERIBADAH DAN PENGENDALIAN DIRI PADA SISWA MTS N 1 WONOGIRI TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
muh ridho 23010170112.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ridho, Muhammad. 2021. Implementasi Kedisiplinan Beribadah dan Pengendalian Diri Siswa MTs N 1 Wonogiri Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dra. Siti Asdiqoh, M. Si. Kata Kunci : Implementasi, Kedisiplinan beribadah, pengendalian diri Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Kedisiplinan Beribadah dan Pengendalian Diri Pada Siswa MTs N 1 Wonogiri Tahun Ajaran 2021/2022. Serta untuk mengetahui faktor penghambat dan solusi Implementasi Kedisiplinan Beribadah dan Pengendalian Diri Pada Siswa MTs N 1 Wonogiri Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah diskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan menguraikannya secara menyeluruh. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer yaitu wawancara peneliti dengan kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru dan siswa, dan sumber data sekunder yang berupa observasi, foto, dokumen sekolah yang sesuai dengan data yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Implementasi kedisiplinan beribadah dan pengendalian diri pada siswa MTs N 1 Wonogiri yang telah diatur melalui jadwal kegiatan keagamaan yang terdapat dalam madrasah, keteladanan yang diberikan oleh para guru, dan disosialisasikan tentang tata tertib madrasah sejak awal masuk agar tercermin dalam pengambilan keputusan. (2) Faktor penghambat implementasi kedisiplinan beribadah dan pengendalian diri pada siswa MTs N 1 Wonogiri yaitu tempat dan fasilitas madrasah yang kurang memadahi, kurang patuhnya siswa dengan tata tertib madrasah, karakter siswa yang berbeda-beda, lingkungan keluarga yang kurang harmonis, dan lingkungan masyarakat yang kurang mencerminkan kebaikan. Sedangkan solusi dari hambatan implementasi kedisiplinan beribadah dan pengendalian diri pada siswa MTs N 1 Wonogiri adalah wali kelas atau guru aktif berkomunikasi dengan orangtua siswa, guru BK atau wali kelas harus mampu membaca tingkat permasalahan siswa, setiap ruang kelas dan kantin diberi slogan untuk disiplin beribadah dan patuh terhadap tata tertib, setiap upacara hari senin selalu diingatkan akan pentingnya disiplin beribadah dan pengendalian diri, setiap selesai sholat dzuhur diadakan kultum, dan ketika siswa melakukan kesalahan maka akan dibina.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2022 15:02
Last Modified: 09 Mar 2022 15:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13190

Actions (login required)

View Item View Item