TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SYARAT PEMBAYARAN UPAH BURUH TANI DENGAN SISTEM GERAKAN (Studi Kasus di Desa Piyanggang Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang)

cahyani, Alifah isti (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SYARAT PEMBAYARAN UPAH BURUH TANI DENGAN SISTEM GERAKAN (Studi Kasus di Desa Piyanggang Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI Alifah Isti Cahyani fikss.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bermuamalah merupakan proses dimana manusia saling berhubungan, seperti halnya dalam Ijarah upah mengupah dimana pemilik lahan membutuhkan buruh tani untuk membantu melakukan pekerjaannya dengan upah sebagai pengganti jasa yang mereka berikan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui syarat pembayaran upah buruh tani dengan sistem gerakan dan untuk mengetahui tinjauan hukum islam terhadap syarat pembayaran upah dengan sistem gerakan di Desa Piyanggang Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan cara mencari data langsung ke lapangan untuk mengetahui lebih jelas tentang pokok-pokok permasalahan. Pendekatan yang digunakan yuridis normatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengecekan keabsahannya menggunakan triangulasi. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa syarat pembayaran upah buruh tani dengan sistem gerakan yang lakukan di Desa Piyanggang kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang tidaklah sesuai karena upah yang mereka terima akan di tangguhkan pembayarannya selama kurang lebih satu tahun dari mereka selesai bekerja. Selain itu mengenai pemberian upah secara layak sandang dan papan upah yang mereka terima tidaklah cukup untuk kebutuhan sehari-hari bahkan upah yang mereka dapatkan dan mereka kumpulkan tidak sebanding dengan jangka waktu pembayaran upah yang begitu lama.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2022 19:48
Last Modified: 09 Mar 2022 12:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13199

Actions (login required)

View Item View Item