EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN INKUIRI BERBASIS LINGKUNGAN RUMAH MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF PADA MAKANAN KELAS VIII MTs. NEGERI 1 REMBANG TAHUN AJARAN 2021/2022

Mubtasyiroh, Zaidatul (2022) EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN INKUIRI BERBASIS LINGKUNGAN RUMAH MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF PADA MAKANAN KELAS VIII MTs. NEGERI 1 REMBANG TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
REVISI (3)_ZAIDATUL MUBTASYIROH(23060170058).pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan inkuiri berbasis lingkungan rumah materi zat aditif dan adiktif makanan pada siswa kelas VIII MTs. Negeri 1 Rembang Tahun Pelajaran 2021/2022 (2) efektivitas model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan inkuiri berbasis lingkungan rumah terhadap hasil belajar materi zat aditif dan adiktif makanan pada siswa kelas VIII MTs. Negeri 1 Rembang 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-posttest Control Group Design. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MTs. Negeri 1 Rembang. Populasi dari jumlah keseluruhan subjek penelitian yaitu kelas VIII MTs. Negeri 1 Rembang tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah sebanyak 307 siswa Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling dimana pengambilan sampel dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen (VIII H) menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan inkuiri berbasis lingkungan rumah dan kelas kontrol (VIII I) dengan model pembelajaran langsung (Direct Instruction). Hasil penelitian ini dapat diperoleh bahwa (1) Hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan inkuiri berbasis lingkungan rumah materi zat aditif dan adiktif makanan pada siswa kelas VIII MTs. Negeri 1 Rembang tahun ajaran 2021/2022 diperoleh nilai rata-rata hasil post-test sebesar 83,5 (di atas KKM) dengan perhitungan 80% (24 siswa) mendapatkan nilai di atas KKM (75) dan 20% (6 siswa) mendapatkan nilai di bawah KKM, maka dapat diartikan bahwa secara kelompok penggunaan model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan inkuiri berbasis lingkungan rumah materi zat aditif dan adiktif makanan pada kelas VIII MTs. Negeri 1 Rembang tahun ajaran 202/2022 pada kelas eksperimen telah berhasil. (2) Penggunaan model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan inkuiri berbasis lingkungan rumah pada materi zat aditif dan adiktif makanan efektif terhadap hasil belajar pada siswa kelas VIII MTs. Negeri 1 Rembang tahun pelajaran 2021/2022 dengan hasil perhitungan uji hipotesis yang menujukkan nilai t hitung > t tabel yaitu 6,783 > 2,045 dan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2022 14:12
Last Modified: 10 Mar 2022 07:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13204

Actions (login required)

View Item View Item