METODE PENDIDIKAN QUANTUM TEACHING SEBAGAI ALAT UNTUK MENCAPAI TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN

Alfiatun, Alfiatun (2016) METODE PENDIDIKAN QUANTUM TEACHING SEBAGAI ALAT UNTUK MENCAPAI TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
Skripsi Alfiatun 111-12-056.pdf

Download (14MB)

Abstract

Tulisan ini fokus pada pembahasan metode quantum teaching sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan Islam. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: 1) Metode pendidikan quantum teaching dalam perspektif Al Qur’an. 2) Tujuan pendidikan Islam dalam persepektif Al Qur’an. 3) Aplikasi metode quantum teaching untuk mencapai tujuan pendidikan Islam dalam perspektif Al Qur’an. Penelitian ini akan dianalisis dalam perspektif Al-Qur’an. Penelitian ini termasuk studi kepustakaan dengan metode analisis data yaitu metode induktif dan metode komparatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa 1) metode pendidikan quantum teaching meliputi tumbuhkan, alami, namai, demonstrasi, ulangi, dan rayakan. 2)tujuan pendidikan Islam yaitu dimensi hakikat penciptaan manusia, dimensi tauhid, dimensi moral, dimensi perbedaan individu, dimensi sosial, dimensi profesional, dan dimensi ruang dan waktu. 3) Aplikasi quantum teaching dalam perspektif Al Qur’an yaitu menerapkan prinsip TANDUR sesuai yang terdapat dalam Qur’an surat Al-Ahzab, 33: 72, Al-Baqarah, 2: 21, Ibrahim, 14: 7 dan Ar. Rahman, 55: 13, 16, 18, 21, 23, 25, 28, 30, 32, 34, 36, 38, 40, 42, 45, 47, 49, 51, 53, 55, 57, 59, 61, 63, 67, 69, 71, 73, 75, 77.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2017 04:45
Last Modified: 21 Mar 2017 04:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1322

Actions (login required)

View Item View Item