Peningkatan Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidayah Tukangan Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017

Ardiyanti, Vina (2016) Peningkatan Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidayah Tukangan Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar adalah matematika. Matematika diajarkan di sekolah dasar bersifat deduktif dan objek kajian abstrak. Jika sifat matematika ini dikaitkan dengan traf berfikir siswa sekolah dasar yang masih berada dalam taraf operasional konkrit maka akan terjadi kegagalan dalam mempelajarinya. Kegagalan tersebut ditandai dengan rendahnya hasil belajar seperti yang dialami siswa kelas V MI Tukangan Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali. Hal ini disebabkan karena guru hanya menggunakan model konvesional dalam pembelajarannya sehingga pemahaman siswa tentang konsep sangat lemah. Berdasarkan uraian diatas penulis berusaha meningkatkan hasil belajar siswa serta performen guru dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu bagaimana model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi pokoko operasi hitung bilangan bulat di kelas V MI Tukangan Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V MI Tukangan Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali yang berjumlah 18 siswa. Penelitian terdiri dari 3 siklus, masing-masing siklus melalui 4 tahapan yaitu 1) perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Pengambilan data melalui tes hasil belajar dan observasi aktivitas siswa. Indikator keberhasilan yang dicapai yaitu hasil tuntas belajar klasikal (nilai ≥65) mencapai 85%. Berdasarkan analisis data penelitian siklus I ketuntasan belajar klasikal baru mencapai 27, 77% dengan nilai rata-rata 52, 22, sedangkan siklus II meningkat menjadi 50% dengan nilai rata-rata 68, 88, dan siklus III meningkat menjadi 88, 89% dengan nilai rata-rata 88, 89. Dari nilai rata-rata siklus I ke siklus II menagalami kenaikan 16, 66 dan nilai rata-rata siklus II ke siklus III mengalami kenaikan sebesar 20, 01. Didalam siklus III didapati KKM kelas sebesar 88, 89% telah mencapai target 85%, dan disimpulan bahwa penelitian ini dinyatakan berhasil. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan nilai rata-rata menunjukkan model pembelajaran Kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dan juga disarankan bagi guru untuk selalu meningkatkan inovasi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan, model, metode, strategi, teknik, media pembelajaran yang variatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2017 04:45
Last Modified: 21 Mar 2017 04:45
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1323

Actions (login required)

View Item View Item