PENINGGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR'AN HADIS MATERI TAJWID,MAD 'IWAD, MAD ARID LISSUKUN DAN MAD LAYYIN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAIR CHECK TERHADAP SISWA KELAS VIII A SEMESTER I MTS AMAL SHOLEH GETASAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

adilah, Kufa (2022) PENINGGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR'AN HADIS MATERI TAJWID,MAD 'IWAD, MAD ARID LISSUKUN DAN MAD LAYYIN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAIR CHECK TERHADAP SISWA KELAS VIII A SEMESTER I MTS AMAL SHOLEH GETASAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SodaPDF-converted-SKRIPSI KUFA ADILAH 23010150364.pdf

Download (4MB)

Abstract

Adilah, Kufa.2021. Peningkatan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis materi tajwid Mad ‘Ariḍ Lissukun, Mad ’Iwaḍ dan Mad Layyin dengan menggunakan metode pair check terhadap siswa kelas VIII A semester I di MTs Amal Sholeh Getasan tahun pelajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dra. Urifatun Anis M.Pd.I Kata kunci : Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis, Metode pair check. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode pair check dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an hadis materi tajwid, Mad ’Iwaḍ, Mad ‘Ariḍ Lissukun, dan Mad Layyin terhadap siswa kelas VIII A semester I di MTs Amal Sholeh Getasan tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus ada empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan,observasi dan refleksi. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A MTs Amal Sholeh Getasan yang terdiri dari 18 siswa. Data ini diambil dengan menggunakan metode pengumpulan data, observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode pair check mampu meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadis materi tajwid, Mad ’Iwaḍ, Mad ‘Ariḍ Lissukun, dan Mad Layyin terhadap siswa kelas VIII A semester I di MTs Amal Sholeh Getasan Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal Ini Dapat dilihat dari hasil pra siklus bahwa siswa yang tuntas KKM hanya 6 siswa (33,33%), dan masih ada 12 siswa (66,67%) yang belum tuntas. Selanjutnya siklus I terdapat 8 siswa (44,44%) yang tuntas, dan terdapat 10 siswa (55,56%) yang belum tuntas. Kemudian pada siklus II terdapat 18 siswa (100%) yang tuntas dan 0 siswa (0%) yang tidak tuntas. Dari peningkatan hasil belajar tersebut penelitian tindakan kelas ini dihentikan di siklus II karena telah mencapai kriteria dan dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadis materi tajwid, Mad ’Iwaḍ, Mad ‘Ariḍ Lissukun, dan Mad Layyin terhadap siswa kelas VIII A semester I di MTs Amal Sholeh Getasan Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Alqur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2022 20:17
Last Modified: 24 Mar 2022 12:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13255

Actions (login required)

View Item View Item