PENGARUH PROFITABILITAS, NILAI PERUSAHAAN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) DENGAN KOMISARIS INDEPENDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2015-2019)

WILANTIKA, (2022) PENGARUH PROFITABILITAS, NILAI PERUSAHAAN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) DENGAN KOMISARIS INDEPENDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2015-2019). [UNSPECIFIED]

[img] Text
WILANTIKA (63010170028).pdf

Download (2MB)

Abstract

Wilantika. 2021. Pengaruh Profitabilitas, Nilai Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Islamic Social Reporting (ISR) dengan Komisaris Independen sebagai Variabel Moderasi Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2015-2019. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Fetria Eka Yudiana, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Profitabilitas, Nilai Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Islamic Social Reporting (ISR) dengan Komisaris Independen sebagai Variabel Moderasi Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2015-2019. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang diperoleh dari annual report dan laporan keuangan Bank Umum Syariah di Indonesia yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan yang diterbitkan di website masing-masing bank. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan peneliti sehingga diperoleh sampel sebanyak 11 bank dari 14 Bank Umum Syariah pada periode pengamatan 2015-2019. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder, metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji Moderated Regression Analysis (MRA) menggunakan software pengolah data Eviews. Hasil penelitian menunjukkaan bahwa secara parsial ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Islamic Social Reporting, sedangkan profitabilitas dan nilai perusahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting. Berdasarkan Uji Moderated Regression Analysis (MRA) menunjukkan bahwa komisaris independen mampu memoderasi hubungan profitabilitas dan nilai perusahaan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting, namun tidak mampu memoderasi hubungan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting. Kata Kunci : Profitabilitas, Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Islamis Social Reporting, Komisaris Independen.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2022 12:26
Last Modified: 21 Mar 2022 05:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13272

Actions (login required)

View Item View Item