PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, MANFAAT, DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN MOBILE BANKING DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Nasabah Bank BSI Semarang)

Shodiqin, Muhammad (2022) PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, MANFAAT, DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN MOBILE BANKING DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Nasabah Bank BSI Semarang). [UNSPECIFIED]

[img] Text
21314289mshodiqin.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi menimbulkan evolusi yang mengarah kepada layanan perbankan digital (digital banking). Layanan ini bertujuan meningkatkan efisiensi kegiatan operasional dan mutu pelayanan bank kepada nasabahnya. Untuk itu, bank perlu mengembangkan strategi bisnis yang mengarah pada layanan perbankan digital. Layanan ini lebih berorientasi kepada pemenuhan kebutuhan nasabah dengan memanfaatkan sepenuhnya teknologi digital melalui perangkat (device) dan aplikasi (software) sebagai delivery channel. Dalam penelitian ini, populasi yang diambil adalah nasabah Bank BSI Kantor Cabang Semarang yang memiliki minat terhadap layanan mobile banking. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode pengambilan sampel dengan cara accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah path analiysis. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa variabel kemudahan dan manfaat berpengaruh negatif terhadap kepercayaan, sedangkan variabel keamanan berpengaruh positif terhadap kepercayaan. Variabel kepercayaan, kemudahan, dan keamanan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan mobile banking, sedangkan variabel manfaat tidak berpengaruh atau negatif terhadap terhadap minat menggunakan mobile banking. Kepercayaan tidak berpengaruh sebagai variabel mediasi antara kemudahan dan manfaat terhadap minat, sebaliknya kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan sebagai variabel mediasi antara keamanan dan miat menggunakan layanan mobile banking.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2022 13:26
Last Modified: 24 Mar 2022 11:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13273

Actions (login required)

View Item View Item