Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Melalui Model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) pada Siswa Kelas V Di MI Negeri Timpik Kecamatan Susukan KAbupaten Semarang Tahun 2016

Utami, Wahyu (2016) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Melalui Model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) pada Siswa Kelas V Di MI Negeri Timpik Kecamatan Susukan KAbupaten Semarang Tahun 2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
Wahyu Utami.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi bangun ruang pada siswa kelas V di MI Negeri Timpik Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Penelitian dilakukan 4 bulan mulai Mei-Agustus 2016. Subjek penelitian terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah membandingkan pencapaian nilai dengan KKM dan ditandai dengan peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II diperoleh data seperti berikut: Standar KKM mata pelajaran Matematika adalah 65, sebelum menggunakan model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) hanya ada 31% (5 siswa) yang tuntas, sedangkan 69% (11 siswa) belum memenuhi stansar KKM. Setelah menggunakan model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) dalam mata pelajaran Matematika pada siklus I diperoleh data 63% (10 siswa) tuntas dan 37% (6 siswa) tidak tuntas, jika dilihat terjadi peningkatan sebesar 32%. Setelah dilakukan refleksi siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II yaitu 81% (13 siswa) tuntas sedangkan 19% (3 siswa) tidak tuntas atau belum memenuhi standar KKM, terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 18% dibanding pada siklus I. Perbandingan hasil belajar dari pra siklus dengan siklus I yaitu terjadi peningkatan sebesar 32%, sedangkan jika dibandingkan dengan siklus II terjadi peningkatan sebesar 50%. Jadi dapat disimpulkan bahwa model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) berhasil meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 81%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2017 07:25
Last Modified: 21 Mar 2017 07:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1329

Actions (login required)

View Item View Item