UPAYA PEMBINAAN KEAGAMAAN REMAJA DI LINGKUNGAN MANDI UAP DAN ANAK KOS DUSUN TEGAL PANAS KELURAHAN JATIJAJAR KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2015

Anggarini, Shella (2015) UPAYA PEMBINAAN KEAGAMAAN REMAJA DI LINGKUNGAN MANDI UAP DAN ANAK KOS DUSUN TEGAL PANAS KELURAHAN JATIJAJAR KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Shella Anggarini_11109120.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Lingkungan menjadi faktor amat penting dalam kehidupan seseorang, labih-lebih bagi kehidupan Remaja yang dikenal dengan sifat labilnya. Kontribusi keluarga dan tokoh masyarakat dalam pembinaan keagamaan amat diperlukan bagi perkembangan keagamaan Remaja, khusus Remaja di lingkungan mandi uap dan anak kos Dusun Tegal Panas Kelurahan Jatijajar Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana upaya pembinaan keagamaan remaja di lingkungan mandi uap dan anak kos Dusun Tegal Panas Kelurahan Jatijajar Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang, 2) Apa saja faktor pendukung upaya pembinaan keagamaan remaja di lingkungan mandi uap dan anak kos Dusun Tegal Panas Kelurahan Jatijajar Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang, 3) Apa saja faktor penghambat upaya pembinaan keagamaan remaja di lingkungan mandi uap dan anak kos Dusun Tegal Panas Kelurahan Jatijajar Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang, 4) Apa solusi dari faktor penghambat upaya pembinaan keagamaan remaja di lingkungan mandi uap dan anak kos Dusun Tegal Panas Kelurahan Jatijajar Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan pengecekan keabsahan data melalui trianggulasi sumber. Hasil wawancara ini menyimpulkan bahwa, upaya pembinaan keluarga secara pribadi seperti mendisiplinkan shalat di rumah secara berjamaah dan membaca Al-Qur’an setiap habis shalat maghrib. Di samping itu secara kemasyarakatan pembinaan keagaman remaja di lakukan melalui Tahlil setiap sabtu malam dan tadarus setiap habis shalat ashar. Faktor pendukung antara lain kesadaran yang tinggi dari tokoh masyarakat dan keluarga, adanya fasilitas keagamaan, dan terdapatnya toleransi dari para pekerja seks komersial. Sedangkan factor penghambatnya adalah lingkungan yang dekat dengan lokalisasi, sikap labil para Remaja. Dalam hal ini tokoh agama bersinergi dengan para orang tua Remaja memberi motivasi bagi keterlaksanaanya kegiatan tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2016 08:05
Last Modified: 11 Feb 2016 08:05
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/133

Actions (login required)

View Item View Item